Disiplin Berlalu Lintas

Disiplin Berlalu Lintas

Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban

MANGKUNEGARA.COM - Tulisan ini merupakan tugas mata kuliah Pengantar Ilmu Hukum (PIH). Dibuat mandiri oleh mahasiswa dan ditayangkan pada portal mangkunegara.com.
  • [message]
    • ##check##Ditulis Oleh :  Fatra Nugraha
      • Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban Kelas Reguler B
Disiplin adalah sikap kejiwaan seseorang atau kelompok orang yang senantiasa berkehendak untuk mengikuti atau mematuhi keputusan yang telah ditetapkan.( Soerjono soekanto, Mus tafa Abdullah 102) Disiplin Berlalu Lintas,Pengertian Disiplin berlalu lintas: Menurut Hurlock ( 2005), Disiplin berasal dari kata yang sama dengan disciple yaitu individu yang belajar dari atau secara suka rela mengikuti pimpinan, menurutnya disiplin dalam konsep negative berarti pengendalian dengan kekuasaan luar yang biasanya diterapkan secara sembarangan, disiplin merupakan bentuk pengekangan melalui cara yang tidak disukai dan menyakitkan. 
[post_ads]
Disiplin menurut konsep positif sama dengan pendidikan dan bimbingan kerana menekankan pertumbuhan dalam disiplin dari dan pengendalian diri yang kemudin akan melahirkan motivasi dari dalam. Lalu lintas di dalam undang-undang No. 22 tahun 2009 difenisikan sebagai gerak kendaraan dan orang di ruang lalu lintas jalan, sedang yang dimaksud dengan ruang lalu lintas jalan adalah prasarana yang direruntukkan bagi gerak pindah kendaraan, orang dan barang yang berupa jalan dan fasilitas pendukung, permasalahan lalu lintas di kota-kota besar saja. Masyarakat mematuhi aturan sesuai dengan hukum yang berlaku dan ketentuan ketentuan lalu lintas, setiap masyarakat yang memiliki sepeda motor roda dua wajib memiliki komponen yang berlaku yang di maksud adalah perlengkapan persyaratan teknik dan kelayakan sepeda motor. bahwa sebagian besar pelanggaran kelengkapan persyaratan Teknis Sepeda Motor dilakukan oleh masyarakat baik pihak remaja maupun orang dewasa. Karena banyaknya yang belum mengerti tentang arti dan fungsi kelengkapan yang ada pada sepeda motor, karna setiap bulan nya terjadi peningkatan pada katagori dan jenis pelanggaran yang sama. Untuk itu perlu adanya bimbingan atau penyuluhan penyuluhan yang lebih intensif lagi pada masyarakat dalam memberikan informasi mengenai aturan berlalu lintas khususnya aturan kelengkapan persyaratan teknis dan kelengkapan sepeda motor. Berikut ini adalah penyebab terjadinya Pelanggaran Lalu Lintas yang sering sekali terjadi:
[next]
  • Minimnya pengetahuan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas yang berlaku di Indonesia hal tersebut dikarnakan kurangnya kesadaran masyarakat untuk mencari tahu peraturan lalu lintas atau ramburambu lalu lintas.
  • Semenjak kecil seorang anak kecil sudah di perbolehkan membawa kendaraan bermotor yang seharusnya umurnya belum mencukupi untuk berkendara sehingga mereka sering melanggar peraturan lalu lintas karna belum mengetahui peraturan-peraturan lalu lintas.
  • Hanya patuh ketika ada kabar bahwa akan ada razia atau saat ada polisi. Ini sudah hal biasa yang sering kita lihat dijalanan bahkan kita sendiri sering melakukan ini.
  • Tidak memikirkan keselamatan pengendara lain atau masyarakat yang ada di sekitar jalan. Contohnya pengendara motor tidak memakai helm, kaca spion dan tidak menyalakan lampu disiang hari.
  • Bisa langsung mengurus pelanggaran lalu lintas di tempat atau kata lain “damai”
Hal ini lah yang sering terjadi di setiap ada razia polisi atau pelanggaran lalu lintas, hal yang pertama yang dipikirkan oleh pengendara saat terkena tilang karena melakukan pelanggaran lalu lintas adalah jalan Damai. Damai yang dimaksud adalah memberi sangsi kepada pelanggar pengendara saat ditempat saja.
Macam-macam pelanggaran lalu lintas yang akan mendapatkan tilang polisi :
  • Melanggar rambu-rambu lalu lintas
  • Tidak mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM)
  • Tidak Membawa Surat Izin Mengemudi (SIM)
  • Tidak Membawa Surat Tanda Nomor kendaraan (STNK)
  • SIM Kadaluarsa ( Surat Lewat Batas Waktu Masa berlaku)
  • STNK Kadaluarsa (Surat lewat Batas Waktu Masa Berlaku)
  • Melanggar dan Menerobos Lampu lalu lintas
  • Melawan Arus Lalu Lintas
  • Mengebut Di jalan Melebihi Batas Kecepatan Maksimal
  • Balapan Atau Kebut-Kebutan Di Jalan Raya
  • Tidak Memakai Helm Standar Nasional ( SNI )
Karakteristik Responden yang Melanggar lalu lintas sepeda motor roda dua Di lihat dari identitas responden Berdasarkan judul penelitian, maka peneliti memilih responden yaitu masyarakat yang pernah melanggar lalu lintas yaitu khusus untuk pengendara sepeda motor roda dua.
Karakteristik Masyarakat yang Melanggar Peratuturan Lalu Lintas. Prilaku mengabaikan rambu dan tidak patuh terhadap himbauan dan aturan yang ada merupakan sifat tak tau malu dan tak mau tau, hal itu harus dibayar mahal dengan terjadinya kemacetan dan kecelakaan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain. Kemacetan dan kecelakaan merupakan dua hal yang kerap terjadi di jalan raya akibat tidak patuhnya dan tidak tertib para pengguna jalan. Meski telah ada petunjuk ( rambu-rambu) yang terpasang disisi kiri atau kanan jalan. 
[next]
Seolah hanya sebagai hiasan –hiasan kota tanpa memiliki suatu makna yang berarti untuk pengguna jalan. Prilaku buruk itu sangat dominan mempengaruhi semrautnya kondisi lalu lintas. Lintas apa lagi yang mesti dilakukan agar peraturan lalu lintas dipatuhi, kecelakaan dikuranagi dan kemacetan dapat dihindari Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 bertujuan untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, terwujudnya etika berlalu lintas dan budaya bangsa, terwujudnya penegakan dan kepastian hukum bagi masyarakat. Sesempurna apapun suatu aturan tidak akan secara otomatis atau serta merta mampu mengubah keadaan menjadi sesuai yang diinginkan, mengubah kesembrautan menjadi tertib, mengubah perilaku menjadi patuh dan taat. Budaya hukum pengendara hanya patuh ketika ada petugas saja polentas, memakai helm, aksesoris kendaraan lengkap, tidak terobos lampu merah dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada hanya karena takut ditilang bukan karena kesadaran demi keselamatan diri dan orang lain. Akibat prilaku tidak patuh ini, kemacetan dan kecelakaan sering terjadi kemacetan akibat tidak sadar dan sifat egois berkendara, tidak mendahulukan yang seharusnya didahulukan dan yang lebih ironis dalam hal kecelakaan, angka kematian di jalan akibat kecelakaan lalu lintas. Fakta-fakta yang ada ini sebagian besar disebabkan oleh prilaku pengendara yang tidak memperhatikan rambu-rambu marka jalan dan aturan-aturan lain dalam berlalu lintas di jalan raya.
[post_ads_2]
KESIMPULAN
Faktor penyebab responden melanggar lalu lintas bagi pengendara sepeda motor roda dua : Kurangnya kedisiplinan responden dalam berlalu lintas khususnya bagi pengendara sepeda motor roda dua, Tidak adanya rasa kepedulian terhadap sesama, Tidak mementingkan keselamatan baik bagi diri sendiri maupun keselamatan orang lain, Minimnya pengetahuan responden mengenai peraturan, marka, dan rambu-rambu lalu lintas. Bangga ketika melanggar peraturan bagi responden pengendara sepeda motor roda dua, Akibat pengaruh lingkungan, teman, dam masyarakat sekitar.

DAFTAR PUSTAKA
Soerjono soekanto. Dan MUSTAFA ABDULLAH, 1980.Sosiologi hukum dalam masyarakat .cv. s rajawali:_jakarta_ desember. Saruto Wirawan Sarwono. 1987. Teori Teori Psikologi social.PT. Rajawali: Jakarta Syarbaini, Syahrial Dan Rusdianta. 2009. Dasar dasar sosiologi Yokyakarta: Graha ilmu. Undang-Undang Jalan, Sinar Grafika Jakarta Husaini Usman Dan Purnomo Setiady Akbar. 2008
DISCLAIMER:
Konten dari tulisan ini adalah milik mahasiswa yang bersangkutan. Segala sesuatu berkaitan dengan isi tulisan sepenuhnya menjadi otoritas mahasiswa. Penayangan pada website ini juga telah melalui persetujuan dari pihak yang bersangkutan.

KOMENTAR

Name

AGAMA,2,Biografi,1,BLOG,16,Dosen,26,Download,15,Foto,14,HUKUM,4,HUMANIORA,9,Instagram,7,Jadwal Kuliah,2,Mahasiswa,49,Makalah,6,MANGKUNEGARA,6,Materi Kuliah,13,POLITIK,3,Puisi,1,Reguler A,26,Reguler B,24,Rubrik Mahasiswa,49,Sastra,1,Sejarah,2,Tugas Kuliah,53,
ltr
item
Website Resmi | Dr. RM. Armaya Mangkunegara, S.H., M.H.: Disiplin Berlalu Lintas
Disiplin Berlalu Lintas
Disiplin Berlalu Lintas
https://4.bp.blogspot.com/-fPEFT_geQzA/W_AdAm9FAEI/AAAAAAAAASg/E0bSS5RiFU0fnIWOclrandCvei-0HRpAQCLcBGAs/s320/ILUSTRASI%2BTUGAS.png
https://4.bp.blogspot.com/-fPEFT_geQzA/W_AdAm9FAEI/AAAAAAAAASg/E0bSS5RiFU0fnIWOclrandCvei-0HRpAQCLcBGAs/s72-c/ILUSTRASI%2BTUGAS.png
Website Resmi | Dr. RM. Armaya Mangkunegara, S.H., M.H.
https://www.mangkunegara.com/2018/11/disiplin-berlalu-lintas.html
https://www.mangkunegara.com/
https://www.mangkunegara.com/
https://www.mangkunegara.com/2018/11/disiplin-berlalu-lintas.html
true
8785525627328632150
UTF-8
Tampilkan Semua Post Tidak Menemukan Post TAMPILKAN Baca Selengkapnya Balas Batalkan Balasan Hapus Oleh Home HALAMAN POSTS Tampilkan Semua BACA JUGA: TAG ARSIP CARI SEMUA POST Artikel yang Anda cari tidak ditemukan Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy Semua Seleksi Semua Semua Code Telah Tercopy Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy