Globalisasi di Dalam Kehidupan Masyarakat

Globalisasi di Dalam Kehidupan Masyarakat

Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban

MANGKUNEGARA.COM - Tulisan ini merupakan tugas mata kuliah Pengantar Ilmu Hukum (PIH). Dibuat mandiri oleh mahasiswa dan ditayangkan pada portal mangkunegara.com.

  • [message]
    • ##check##Ditulis Oleh: M. Khoirur Rizal M.
      •  Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban Kelas Reguler A
Globalisasi telah merambah hampir disemua lini kehidupan masyarakat, khususnya dibudang teknologi, banyak penemuan penemuan teknologi yang semakin berkembang pesat, mulai dari penemuan mesin atau robot yang bisa membantu mmempercepat pekerjaan manusia,adapun smartphone dan komputer komputer yang sangat canggih dan di klaim mampu melebihi kecerdasan otak manusia, namun dibalik itu semua teknologi juga mempunyai dampak negatif yang sangat berbahaya misalnya kejahatan siber, prostitusi online, situs pornografi dan lain-lain. Dan juga bisa memberikan efek ketergantungan, contohnya seseorang yang kecanduan smartphone akan lebih senang berinteraksi lewat smartphone dari pada bersosialisasi langsung dengan masyarakat.

Tidak dipungkiri arus globalisasi yang pesat mempengaruhi kemudahan seseorang untuk mengakses informasi dari dunia maya. Walau begitu globalisasi telah mempengaruhi kehidupan masyarakat menjadi ketergantungan.

Globalisasi juga mempengaruhi kehidupan manusia dibidang ekonomi, yang dulunya pekerjaan menggunakan banyak tenaga manusia kini telah di gantikan dengan adanya robot atau mesin yang klaim mampu memproduksi lebih efisien dan hemat biaya produksi. Dalam pertumbuhan globalisasi itu beriringan pula dengan perkembangan hukum yang semakin pesat. Hukum adalah ilmu yang mengatur tata tertib manusia menuju keselarasan dan keadilan manusia.

Hukum adalah dekskripsi ilmu yang sudah berkembang pesat saat ini, pengamat hukum telah menunjukan bahwa hukum adalah gambaran dari kehidupan masyarakat dan hukum adalah kebutuhan masyarakat tentang keadilan dan ketertiban manusia.
  1. Hukum merupakan gambaran dari kebiasaan, tabiat, dan perilaku manusia
  2. Hukum sebagai kebutuhan masyarakat tentang keadilan dan ketertiban manusia
Pesatnya kriminalitas yang disebabkan oleh teknologi yang semakin sulit di ikuti membuat dan membuat orang berfikir ulang tentang hukum.
[next]
Faktor ini mempengaruhi kurangnya kesadaran masyarakat tentang hukum di suatu wailayah atau negara. Artinya, hukum harus di tegakan sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku di suatu wilayah atau negara.

Sebelum kita membahas lebih lanjut kita perlu tahu tentang hukum. Sampai saat ini tidak ada satupun kesamaan definisi hukum oleh para pakarnya, secara istilah hukum (indonesia) law (inggris) dan rech (belanda dan jerman) atau droid (prancis) istilah rech berasal dari bahasa latin rechtum berarti tuntunan atau bimbingan perintah atau pemerintahan, sedang menurut para pakar hukum:
  1. Ahmad Ali
  2. Hukum adalah seperangkat kaidah atau aturan yang tersusun dalam suatu sistem, yang menentukan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan manusia sebagai warga masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, yang bersumber dari masyarakat itu sendiri maupun dari sumber lain, yang diakui berlakunya oleh otoritas tertinggi dalam masyarakat tersebut, serta benar-benar di berlakukan oleh warga masyarakat ( sebagai suatu keseluruhan ) di dalam kehidupan dan jika kaidah tersebut dilanggar akan memberikan kewenangan oleh otoritas tertinggi untuk menjatuhkan sanksi yang sifatnya eksternal.
  3. Immanuel Kant
  4. Hukum adalah keseluruhan syarat-syarat yang dengan ini kehendak bebas dari orang yang satu dapat memyesuaikan diri dengan kehendak bebas dari orang lain, menuruti peraturan hukum tentang kemerdekaan (1995).
  5. Soedikno Martokusumo
  6. Ia berpendapat bahwa hukum adalah keseluruhan kumpulan peraturan-peraturan tingkah laku yang berlaku dalam kehidupan bersama. Yang dapat dipaksa pelaksanaanya dengan sanksi.
Kebijakan, khususnya dibidang hukum siber (dikenal juga dengan sebutan hukum teknologi informasi dan komunikasi atau cyber law) perkumpulan para ahli hukum siber didirikan atas prakarsa A Prof. Dr. Mieke Komar, SH., MCL CN dan Prof. Dr. H. Ahmad M. Ramli. SH. M. H. FCB. Arb pada tahun 2002 di bandung saat pembahasan mengenai rancangan undang-undang informasi dan transaksi elektronik mengemuka. Para anggota cyber law center FH unpad, memiki kemauan untuk mengupayakan serta mendorong perkembangan hukum siber pengembangan hukum siber sendiri merupakan salah satu aspek vital dalam mengawali kemajuan teknologi informasi dan komunikasi untuk kebaikan manusia.
[post_ads]
[next]
Namun baru terlaksana undang undang ITE itu pada tahun 2008, berikut undang-undangnya:
Undang-undang nomer 11 pada tahun 2008 atau UU ITE adalah UU yang mengatur tentang informasi serta transaksi elektronik, atau teknologi informasi secara umum. UU ini memiliki yuridiksi yang berlaku untuk setiap orang yang melakukan perbuatan hukum yang sebagai mana diatur dalam undang-undang ini, baik yang berada di wilayah indonesia atau luar wilayah hukum indonesia dan merugikan kepentingan indonesia.


Terlepas dari hukum nasional dan globalisasi hukum itu, berkaca kepada apa yang mengarus pada globalisasi ekonomi, maka globalisasi hukum mengikuti globalisasi ekonomi dalam arti substansi berbagai undang-undang dan perjanjian yang menyebar melewati batas-batas negara. Perjanjian hukum dapat terjadi melalui dan konversi internasional, hukum privat, dan institut ekonomi baru. Globalisasi hukum kemudian diikuti dengan praktek hukum.

Globalisasi bisa sangat meringankan dan memudahkan masyarakat dan negara untuk megakses dan memperoleh berita secara mudah,namun disisi lain juga globalisasi dapat mempunyai dampak negatif didalamnya. Berikut dampak positif dari globalisasi dibidang hukum,pertahanan, dan keamanan:
  • Semakin menguatnya supremasi hukum, dan tuntutan terhadap dilaksanakanya hak-hak asaki manusia
  • Menguatnya regulasi hukum dan pembuatan peraturan perundang-undangan yang memihak dan bermanfaat untuk kepentingan rakyat banyak
  • Semakin menguatnya tuntutan terhadap tugas-tugas penegakan hukum yang lebih profesional dan akuntable
  • Menguatkan supremasi sipil dengan mendudukan tentara dan polisi sebatas penjaga keamanan, kedaulatan, dan ketertiban negara yang profesional
Adapun dampak-dampak negatif dari gobalisasi dari pakarnya,yaitu:
  • Peran masyarakat dalam menjaga keamanan, kedaulatan dan ketertiban negara semakin berkurang karena hal tersebut sudah menjadi sudah menjadi tanggung jawab negara
  • Perubahan dunia yang cepat, mampu mempemgaruhi pola pikir masyarakat secara global. Masyarakat seringkali mengajukan tuntutan kepada pemerintah dan jika tidak dipenuhi ,masyarakat cenderung bertindak anarki, sehingga dapat menganggu stabilitas nasional bahkan persatuan dan kesatuan bangsa
[next]
Kesimpulan:
Masyarakat sebagai obyek dalam penerapan hukum, masyarakat (ormas, pers, perguruan tinggi) selalu dituntut untuk berperan aktif dalam realeta kehidupan dan mampu memberikan arah bagi perjalanan bangsa. Sehingga masyarakat yang sehat mampu berperan andil dalam menegakkan keadilan berupa kejujuran dan keberanian agar tingkah laku masyarakat tidak menyimpang dari tujuan bersama.

Hukum mempunyai peranan penting dalam pergaulan hidup ditengah tengah masyarakat, karena hukum mengatur menentukan hak dan kewajiban serta melindungi kepentingan individu dan kepentingan sosial.

Di dalam era globalisasi masyarakat harusnya bisa memilah dan memilih mana yang boleh dan mana yang tidak boleh di langgar dalam suatu wilayah atau negara, agar tercipta keharmonisan atar hubungan manusia dengan manusia lainya dan manusia terhadap hukum
Berikut yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada kekurangan dan kata kata yang tidak teratur. Sekian dari saya.
[post_ads_2]
Daftar Bacaan:
DISCLAIMER:
Konten dari tulisan ini adalah milik mahasiswa yang bersangkutan. Segala sesuatu berkaitan dengan isi tulisan sepenuhnya menjadi otoritas mahasiswa. Penayangan pada website ini juga telah melalui persetujuan dari pihak yang bersangkutan.

KOMENTAR

Name

AGAMA,2,Biografi,1,BLOG,16,Dosen,26,Download,15,Foto,14,HUKUM,4,HUMANIORA,9,Instagram,7,Jadwal Kuliah,2,Mahasiswa,49,Makalah,6,MANGKUNEGARA,6,Materi Kuliah,13,POLITIK,3,Puisi,1,Reguler A,26,Reguler B,24,Rubrik Mahasiswa,49,Sastra,1,Sejarah,2,Tugas Kuliah,53,
ltr
item
Website Resmi | Dr. RM. Armaya Mangkunegara, S.H., M.H.: Globalisasi di Dalam Kehidupan Masyarakat
Globalisasi di Dalam Kehidupan Masyarakat
Globalisasi di Dalam Kehidupan Masyarakat
https://4.bp.blogspot.com/-fPEFT_geQzA/W_AdAm9FAEI/AAAAAAAAASg/E0bSS5RiFU0fnIWOclrandCvei-0HRpAQCLcBGAs/s320/ILUSTRASI%2BTUGAS.png
https://4.bp.blogspot.com/-fPEFT_geQzA/W_AdAm9FAEI/AAAAAAAAASg/E0bSS5RiFU0fnIWOclrandCvei-0HRpAQCLcBGAs/s72-c/ILUSTRASI%2BTUGAS.png
Website Resmi | Dr. RM. Armaya Mangkunegara, S.H., M.H.
https://www.mangkunegara.com/2018/11/globalisasi-di-dalam-kehidupan.html
https://www.mangkunegara.com/
https://www.mangkunegara.com/
https://www.mangkunegara.com/2018/11/globalisasi-di-dalam-kehidupan.html
true
8785525627328632150
UTF-8
Tampilkan Semua Post Tidak Menemukan Post TAMPILKAN Baca Selengkapnya Balas Batalkan Balasan Hapus Oleh Home HALAMAN POSTS Tampilkan Semua BACA JUGA: TAG ARSIP CARI SEMUA POST Artikel yang Anda cari tidak ditemukan Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy Semua Seleksi Semua Semua Code Telah Tercopy Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy