Larangan Menerobos Lampu Merah

Larangan Menerobos Lampu Merah

Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban
MANGKUNEGARA.COM - Tulisan ini merupakan tugas mata kuliah Pengantar Ilmu Hukum (PIH). Dibuat mandiri oleh mahasiswa dan ditayangkan pada portal mangkunegara.com.
  • [message]
    • ##check##Ditulis Oleh :  Siti Lugi Winarti Ningsih
      • Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban Kelas Reguler A
Kali ini, saya akan menulis sebuah artikel yang Berkaitan dengan tema pentingnya ketertiban hukum dalam masyarakat . mulai dari pengertian hukum,penerapan dan pentingnya ketertiban akan saya kupas dalam pembahasan artikel saya kali ini.Dengan adanya peraturan lalu lintas, kita wajib untuk mentaatinya,mengapa ?karena kita berada di atas Negara hukum. yaitu ,semua diatur oleh hukum, hukum tidak hanya ada dalam pemerintahan,Negara atau sebagainya.melainkan dalam kehidupan sehari-hari yang kita jalani saat ini bisa jadi merupakan penerapan sebuah hukum ,yang sengaja tanpa kita sadari.

Contoh kecil, sering kita melewati jalan-jalan kota yang terdapat traffic light atau biasa kita menyebutnya dengan lampu merah. Hal tersebut juga terikat dengan kesinambungan hukum, dan terdapat berbagai aturan yang harus kita taati. adanya 3 warna lampu lalu lintas yaitu merah, orange, dan hijau yang menunjukan arti berbeda-beda di setiap warnanya. Mulai dari warna merah yaitu stop,sebagai tanda wajib berhenti.

Dan kita tidak boleh menerobos jalan saat lampu merah menyala. Sedangkan jika lampu menunjukan warna orange merupakan tanda peringatan untuk persiapan.Dan yang terakhir adalah warna hijau, sebagai tanda di perbolehkanya untuk melanjutkan laju kendaraan. Hal ini untuk mencegah terjadinya kemacetan yang berkepanjangan . terkadang di beberapa pertigaan atau perempatan di kota –kota besar sudah diberlakukan rambu-rambu yang bertuliskan “ belok kiri jalan terus”artinya, siapa saja yang ingin melanjutkan perjalanan dengan arah belok kiri maka diharapkan langsung jalan tanpa berhenti. yaitu bertujuan untuk mengurangi angka kemacetan yang semakin bertambah di setiap jalur jalan raya.
[post_ads]
[next]
  1. PENGERTIAN HUKUM
  2. Hukum merupakan aturan. Artinya yaitu mengatur tingkah laku atau tindakan manusia yang ada didalam masyarakat. Peraturan berisikan perintah maupun larangan utnuk melakukan hal atau tidak di perbolehkanya melakukan hal tersebut. Hal tersebut dimaksudkan sebagai aturan perilaku manusia agar tidak bersinggungan serta merugikan kepentingan umum.dan akan di kenakan sanksi bagi siapapun yang melanggarnya.

    Peraturan hukum ditetapkan oleh sebuah lembaga atau badan yang memiliki wewenang untuk hal tersebut. Peraturan hukum tidak dibuat oleh setiap orang ,melainkan oleh lembaga atau badan yang memang mempunyai wewenang utnuk nenetapkan suatu aturan yang bersifat mengikat bagi masyarakat luas.

    Pemberlakuan dalam penegakan aturan hukum tersebut bersifat memaksa. Bersifat memaksa yang di maksudkan adalah hukuman bagi yang melanggarnya.agar terdapat kejeraan bagi yang melanggar hukum tersebut sehingga tidak mengulanginya kembali. Peraturan hukum dibuat bukan untuk dilanggar tetapi untuk dipatuhi. Untuk menegakannya diatur pula tentang aparat yang berwenang untuk dapat mengatasi serta untuk dapat menegakannya sekalipun dengan tindakan yang represif. Walaupun demikian, ada pula norma hukum yang bersifat fakulatif/melengkapi.

    Hukum memiliki sanksi bagi setiap pelanggaran dan perbuatan yang melawan hukum dan akan dikenakan sanksi tegas yang diatur dalam peraturan hukum.

  3. TEORI HUKUM
  4. Mengenai definisi teori hukum, belum adanya satu definisi yang baku. Banyak pendapat para ahli mengenai disiplin teori hukum, antara lain:

    1. Hans Kelsen
    2. Teori hukum menurut Hans kelsen adalah sebuah ilmu pengetahuan mnegenai hukum yang berlaku bukan mengenai hukum yang seharusnya. Teori hukum yang dimaksud adalah teori hukum murni, yang disebut teori hukum positif. Teori hukum murni, makdusnya karena ia hanya menjelaskan hukum dan berupaya membersihkan objek penjelasan dari segala hal yang tidak bersangkut paut dengan hukum. Sebagai teori, ia menjelaskan apa itu hukum, dan bagaimana ia ada.

    3. Pelanggaran Lalu Lintas Sebagai Pelanggaran Hukum
    4. Pelanggaran lalu lintas adalah perbuatan atau tindakan seseorang yang bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang –undangan lalu lintas jalan, atas peraturan perundang-undangan lainya. Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor dijalan wajib mematuhi ketentuan

      Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas atau lampu merah. Akantetapi, dalam keadaan tertentu atau Bagi pengguna jalan yang memiliki hak utama,polisi memerintahkan pengguna jalan untuk jalan terus.

      Sering kita lihat ada pengemudi kendaraan yang mengabaikan lampu merah ketika dijalan. Entah sedang terburu-buru atau memang tidak melihat adanya trafficlight, lampu merah yang Merupakan tanda harus berhentinya kendaraan diabaikan. Padahal,ada ketentuan hukum yang mengatur kapan pengendara boleh dan tidak boleh menerobos lampu merah tersebut. Salah satu pengasuh rubric klinik hukum online, LeteziaTobing, menjelaskan Lampu merah Atau sering disebut juga traffic light dikenal sebagai Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas dalam Peraturan perundang – undangan yang ada, yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2013 tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan Undang-UndangNo.22Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. AlatPemberi Isyarat Lalu Lintas adalah Perangkat elektronik yang menggunakan isyarat lampu yang dapat dilengkapi dengan isyarat Bunyi untuk mengatur Lalu Lintas orang dan /atau Kendaraan dipersimpangan atau pada ruas Jalan. Dan jika masih ada yang melanggar akan diberi surat tilang oleh polisi, tetapi ada juga beberapa oknum polisi yg terkadang kurang jelas mengenai beberapa alasan saat kita ditilang.

      Polisi yang menilangnya tak memberi tindakan kepada para pelanggar serupa. “Kok yang lain gak ditilang pak?” Sergah Hernaen pada petugas itu, Minggu (24/7/2011). Sang petugas menimpali dengan enteng. ”Suka-suka saya,” katanya. Inikah potret apatisme petugas terhadap membludaknya pelanggaran lalu lintas oleh para pengguna jalan? Terlepas dari itu. Hernaen baru saja ditilang dengan tuduhan melanggar aturan mengenai lampu pengatur lalu lintas atau yang kondang disebut lampu merah.

      Dalam Undang Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), sanksinya tidak main-main loh. Bisa kena denda maksimal Rp 500 ribu atau sanksi pidana maksimal dua bulan penjara.

      Dalam surat tilang tertera bahwa Hernaen dikenai pasal 287 ayat 2 yang berbunyi setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan alat pemberi isyarat lalu lintas sebagaimana dimaksud dalam pasal 106 ayat (4) huruf c dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

      Setelah mengais-ngais info, ini dia bunyi pasal tersebut, yakni setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mematuhi ketentuan:

      1. Rambu perintah atau rambu larangan
      2. Marka Jalan
      3. Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas
      4. Gerakan Lalu Lintas
      5. Berhenti dan Parkir
      6. Peringatan dengan bunyi dan sinar
      7. Kecepatan maksimal atau minimal; dan/atau
      8. Tata cara penggandengan dan penempelan dengan kendaraan lain.
    [post_ads_2]
    [next]
  5. KESIMPULAN
  6. Hukum mengatur tingkah laku atau tindakan manusia yang ada didalam masyarakat. Peraturan berisikan perintah serta larangan utnuk melakukan hal atau tidak melakukan hal tersebut. Hal tersebut dimaksudkan sebagai aturan perilaku manusia agar tidak bersinggungan serta merugikan kepentingan umum.

    Pengaturan hukum ditetapkan oleh sebuah lembaga atau badan yang memiliki wewenang untuk hal itu. Peraturan hukum tidak dibuat oleh setiap orang namun melainkan oleh lembaga atau badan yang memang mempunyai wewenang utnuk nenetapkan suatu aturan yang bersifat mengikat bagi masyarakat luas.

    Penegakan aturan hukum bersifat memaksa. Peraturan hukum dibuat bukan untuk dilanggar tetapi untuk dipatuhi. Untuk menegakannya diatur pula tentang aparat yang berwenang untuk dapat mengatasi serta untuk dapat menegakannya sekalipun dengan tindakan yang represif. Walaupun demikian, ada pula norma hukum yang bersifat fakulatif/melengkapi.

    Hukum mempunyai sanksi serta setiap pelanggaran dan perbuatan yang melawan hukum dan akan dikenakan sanksi tegas. Sanksi juga diatur dalam peraturan hukum.

  7. DAFTAR BACAAN
  8. Hans Kelsen
    http://www.academia.edu/11548278/PENGERTIAN_HKM_LALU_LINTAS LeteziaTobing
DISCLAIMER:
Konten dari tulisan ini adalah milik mahasiswa yang bersangkutan. Segala sesuatu berkaitan dengan isi tulisan sepenuhnya menjadi otoritas mahasiswa. Penayangan pada website ini juga telah melalui persetujuan dari pihak yang bersangkutan.

KOMENTAR

Name

AGAMA,2,Biografi,1,BLOG,16,Dosen,26,Download,15,Foto,14,HUKUM,4,HUMANIORA,9,Instagram,7,Jadwal Kuliah,2,Mahasiswa,49,Makalah,6,MANGKUNEGARA,6,Materi Kuliah,13,POLITIK,3,Puisi,1,Reguler A,26,Reguler B,24,Rubrik Mahasiswa,49,Sastra,1,Sejarah,2,Tugas Kuliah,53,
ltr
item
Website Resmi | Dr. RM. Armaya Mangkunegara, S.H., M.H.: Larangan Menerobos Lampu Merah
Larangan Menerobos Lampu Merah
Larangan Menerobos Lampu Merah
https://4.bp.blogspot.com/-fPEFT_geQzA/W_AdAm9FAEI/AAAAAAAAASg/E0bSS5RiFU0fnIWOclrandCvei-0HRpAQCLcBGAs/s320/ILUSTRASI%2BTUGAS.png
https://4.bp.blogspot.com/-fPEFT_geQzA/W_AdAm9FAEI/AAAAAAAAASg/E0bSS5RiFU0fnIWOclrandCvei-0HRpAQCLcBGAs/s72-c/ILUSTRASI%2BTUGAS.png
Website Resmi | Dr. RM. Armaya Mangkunegara, S.H., M.H.
https://www.mangkunegara.com/2018/11/larangan-menerobos-lampu-merah.html
https://www.mangkunegara.com/
https://www.mangkunegara.com/
https://www.mangkunegara.com/2018/11/larangan-menerobos-lampu-merah.html
true
8785525627328632150
UTF-8
Tampilkan Semua Post Tidak Menemukan Post TAMPILKAN Baca Selengkapnya Balas Batalkan Balasan Hapus Oleh Home HALAMAN POSTS Tampilkan Semua BACA JUGA: TAG ARSIP CARI SEMUA POST Artikel yang Anda cari tidak ditemukan Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy Semua Seleksi Semua Semua Code Telah Tercopy Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy