Peranan Hukum Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Peranan Hukum Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban

MANGKUNEGARA.COM - Tulisan ini merupakan tugas mata kuliah Pengantar Ilmu Hukum (PIH). Dibuat mandiri oleh mahasiswa dan ditayangkan pada portal mangkunegara.com.

  • [message]
    • ##check##Ditulis Oleh :  Lilik Oktavia Pratama
      •  Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban Kelas Reguler B
Pengertian Hukum
Hukum adalah himpunan petunjuk hidup (perintah dan larangan) yang mengatur tata tertib dalam masyarakat yang seharusnya ditaati oleh seluruh anggota masyarakat. Untuk menunjukan kesalahan berfikir tersebut, perlu kiranya dikemukan studi yang mengutip kata lawrence friedman. Membandingakan dua pola pemikiran orang israel. Pertama disebut moshav (artinya kooperatif)dan yang lain disebut kvutza (artinya masyarakat yang bersifat kolektif) (1977:45).

Unsur-Unsur Hukum
  1. Peraturan mengenai tingkah laku dalam pergaulan masyarakat.
  2. Peraturan itu diadakan oleh badan-badan resmi yang berwajib.
  3. Peraturan itu pada umumnya bersifat memaksa.
  4. Sanksi terhadap pelanggaran peraturan itu adalah tegas.
Hidup bermasyarakat merupakan modus survival bagi makhluk manusia, artinya hanya dengan hidup bermasyarakat manusia dapat melangsungakan hidupnya.
[post_ads]
Macam-Macam Hukum
Sumber hukum ada 3 macam, yaitu:
  1. Undang-undang Negara, termasuk juga Peraturan-peraturan Pemerintah dan Peraturan-peraturan Pemerintah Daerah.
  2. Kebiasaan, yakni suatu kebiasaan tertentu yang dituruti manusia dalam pergaulan hidupnya sehari-hari, sehingga tindakan yang berlawanan dengan kebiasaan itu dirasakan sebagai pelanggaran hukum.
  3. Traktat, yaitu suatu perjanjian antara dua negara atau lebih.
Hukum yang berasal dari undang-undang itu dinamakan hukum tertulis. Sedangkan hukun yang timbul dari kebiasaan-kebiasaan disebut hukum tak tertulis. Oleh karena jumlah-jumlah peraturan lambat laun semakin banyak, maka peraturan-peraturan itu lalu dikumpulkan dan diatur menurut golongan masing-masing. Himpunan demikian dinamakan  kodifikasi yang berarti pengumpulan secara lengkap dan sistematis dalam sebuah kitab undang-undang.
[next]
Hukum secara seluruhnya dapat dibagi menjadi dua, yaitu:
  1. Hukum Publik atau Hukum Umum, ialah hukum yang mengatur kepentingan-kepentingan dan pertentangan-pertentangan kepentingan yang bersifat umum. Hukum-hukum yang termasuk hukum publik, antara lain sebagai berikut:
    • Hukum Tata Negara, Hukum yang mengatur tentang bentuk negara dan organisasi pemerintahannya.
    • Hukum Pidana, Hukum yang mengatur hal-hal yang dapat dihukum dan hukuman-hukuman yang bertalian dengan itu.
    • Hukum Acara pidana, Hukum yang mengatur cara-cara melaksanakan hukum pidana.
    • Hukum Internasional.Hukum yang mengatur hak dan kewajiban yang timbul karena perhubungan antar negara.
  2. Hukum Sipil atau Hukum Privat, ialah hukum yang mengatur kepentingan-kepentingan dan pertentangan-pertentangan yang bersifat pribadi. Adapun hukum yang termasuk hukum sipil, yaitu:
    • Hukum Perdata, Hukum yang mengatur hubungan hukum antara orang-orang satu sama lain tentang hak-hak dan kewajiban-kewajiban mereka terhadap masing-masing dan terhadap suatu benda.
    • Hukum Acara perdata, Hukum yang mengatur cara-cara melaksanakan hukum perdata.
    • Hukum Dagang, Hukum yang mengatur tentang hal-hal yang bersangkut-paut dengan perdagangan, perusahaan perekonomian dan sebagainya.
[post_ads_2]
Hukum dan Masyarakat
Masyarakat merupakan pergaulan hidup manusia, sehimpunan orang yang hidup bersama dalam suatu tempat dengan ikatan-ikatan antara aturan yang tertentu. Atau dengan kata lain masyarakat adalah sekelompok manusia yang telahcukup lama hidup dan bekerja sama, sehingga mereka dapat mengorganisasikan dirinya dan berpikir tentang dirinya sebagai satu kesatuan sosial dengan batas-batas tertentu. Yang termasuk unsur-unsur masyarakat:
  1. Harus ada kelompok manusia dan harus banyak jumlahnya dan bukan mengumpulkan binatang.
  2. Telah berjalan dalam waktu yang lama dan bertempat tinggal dalam daerah tertentu.
  3. Adanya aturan (undang-undang) yang mengatur mereka bersama untuk maju kepada satu cita-cita yang sama.
Suatu wilayah (teritorial) atau negara yang mendapatkan pengakuan dari wilayah/negara lain yang didalamnya terdapat masyarakat atau penduduk adalah sesuatu yang tidak lepas dari tatanan dan aturan yang berfungsi sebagai penertib  wilayah atau negara tersebut  beserta isinya. Manusia selaku pengelola didalam wilayah dan masyarakatnya membuat aturan-aturan guna menjadikan ketertiban, keadilan dan kesejahteraan  sebagai orientasinya . Hukum yang merupakan himpunan peraturan mengikat yang didalamnya terdapat sanksi tegas, yang diciptakan oleh manusia untuk mengatur ketertiban dalam wilayah dan system sosial (interaksi masyarakat) sehingga tercipta keadilan dan kesejahteraan dalam lingkungan masyarakat yang diharapkan mampu berperan sebagaimana mestinya.
[next]
Menurut Roscoe Pound, gagasan mengenai untuk apa hokum itu diadakan tidak dapat dilepaskan dari gagasan mengenai apa sebenarnya hukum itu. Untuk mengetahui tujuan hukum tersebut, Roscoe Pound mengelaborasi secara kronologis gagasan mengenai apa  sebenarnya hokum itu. Dalam hal ini Roscoe Pound mengemukakan tidak kurang dari duabelas gagasan mengenaiapa yang dimaksud dengan huku. Kiranya keduabelas tentang hukum itu perlu dikemukakan untuk mengetahui gagasan mengenai untuk apa hukum tu diadakan. Dengan memahami kedua belas gagasa itu dapat dipahami perkembangan makna hokum dalam hidup bermasyarakat.

Hukum dipandang sebagai aturan atau seperangkat aturan tentang tingkah laku manusia yang ditetapkan oleh kekuasaan yang bersifat illahi. Sebagai contoh adalah kode Hammorabi yang dipercaya sebagai diwahyukan oleh dewa manyu dan hukum musa yang diwahyukan allah digunung sinai. Disini hokum dimaknai sebagai wujud campur tangan langsumg kekuasaan yang bersifat illahi terhadap kehidupan bermasyarakat. Adanya pemaknaan demikian menunjukkan bahwa status naturalis yang menggambarkan keadaan atau mistis manusia yang digambarkan oleh Thomas Hobbes maupun Johnn Locke tidak pernah ada.

Itu salah satu dari duabelas gagasan yang dikemukakan oleh Roscoe Pound. (1975:109)
Hukum Sebagai Sosial Kontrol, dimana setiap kelompok masyarakat selalu ada problem sebagai akibat adanya perbedaan antara yang ideal dan yang aktual, antara yang standard dan yang parktis. Penyimpangan nilai-nilai yang ideal dalam masyarakat dapat dicontohkan : pencurian, perzinahan hutang, membunuh dan lain-lain. Semua contoh ini adalah bentuk prilaku yang menyimpang yang menimbulkan persoalan didalam masyarakat, baik pada masyarakat yang sederhana maupun pada masyarakat yang modern. Dalam situasi yang demikian itu, kelompok itu berhadapan dengan problem untuk menjamin ketertiban bila kelompok itu menginginkan, mempertahankan eksistensinya.

Fungsi Hukum dalam kelompok masyarakat adalah menerapkan mekanisme control sosial yang akan membersihkan masyarakat dari sampah-sampah masyarakat yang tidak dikehendaki, sehingga hukum mempunyai suatu fungsi untuk mempertahankan eksistensi kelompok masyarakat tersebut. Hukum yang berfungsi demikian adalah merupakan instrument pengendalian social.

Pandangan Dowrkin tersebut kiranya dapat diterima karena didalam hukum memang terkandung nilai nilai moral. Dengan demikian, yang menentukan bahwa suatu aturan itu merupakan aturan hukum atau bukan adalah isi aturan itu, yaitu adakah aturan itu memancarkan prinsip moral atau tidak. Dalam hal demikin, tidak perduli apakah aturan itu dibuat oleh penguasa atau tumbuh dan berkembang dalam masyarakat atau merupakan kreasi hakim sepanjang isi aturan itu memancarkan prinsip prinsip moral, aturan itu dapat dikatakan sebagai hukum. Pancaran prinsip prinsip moral itu dalam krangka fungsi ekistensial manusia. (1982:67)

Manusia selaku pengelola didalam wilayah dan masyarakatnya membuat aturan-aturan guna menjadikan ketertiban, keadilan dan kesejahteraan  sebagai orientasinya . Hukum yang merupakan himpunan peraturan mengikat yang didalamnya terdapat sanksi tegas, yang diciptakan oleh manusia untuk mengatur ketertiban dalam wilayah dan system sosial (interaksi masyarakat) sehingga tercipta keadilan dan kesejahteraan dalam lingkungan masyarakat yang diharapkan mampu berperan sebagaimana mestinya.
[post_ads_2]
Daftar Bacaan:
Friedman, Lawrence, Law and Society. New Jersey: Prentice-Hall. 1977.
Pound, Roscoe. An Introduction to the Philosophy of  Law. New Haven: Yale University Press. 1975.
Dworkin, R.M. The Philosophy of  Law. Oxford University Press. 1982. 

DISCLAIMER:
Konten dari tulisan ini adalah milik mahasiswa yang bersangkutan. Segala sesuatu berkaitan dengan isi tulisan sepenuhnya menjadi otoritas mahasiswa. Penayangan pada website ini juga telah melalui persetujuan dari pihak yang bersangkutan.

KOMENTAR

Name

AGAMA,2,Biografi,1,BLOG,16,Dosen,26,Download,15,Foto,14,HUKUM,4,HUMANIORA,9,Instagram,7,Jadwal Kuliah,2,Mahasiswa,49,Makalah,6,MANGKUNEGARA,6,Materi Kuliah,13,POLITIK,3,Puisi,1,Reguler A,26,Reguler B,24,Rubrik Mahasiswa,49,Sastra,1,Sejarah,2,Tugas Kuliah,53,
ltr
item
Website Resmi | Dr. RM. Armaya Mangkunegara, S.H., M.H.: Peranan Hukum Dalam Kehidupan Bermasyarakat
Peranan Hukum Dalam Kehidupan Bermasyarakat
Peranan Hukum Dalam Kehidupan Bermasyarakat
https://4.bp.blogspot.com/-fPEFT_geQzA/W_AdAm9FAEI/AAAAAAAAASg/E0bSS5RiFU0fnIWOclrandCvei-0HRpAQCLcBGAs/s320/ILUSTRASI%2BTUGAS.png
https://4.bp.blogspot.com/-fPEFT_geQzA/W_AdAm9FAEI/AAAAAAAAASg/E0bSS5RiFU0fnIWOclrandCvei-0HRpAQCLcBGAs/s72-c/ILUSTRASI%2BTUGAS.png
Website Resmi | Dr. RM. Armaya Mangkunegara, S.H., M.H.
https://www.mangkunegara.com/2018/11/peranan-hukum-dalam-kehidupan.html
https://www.mangkunegara.com/
https://www.mangkunegara.com/
https://www.mangkunegara.com/2018/11/peranan-hukum-dalam-kehidupan.html
true
8785525627328632150
UTF-8
Tampilkan Semua Post Tidak Menemukan Post TAMPILKAN Baca Selengkapnya Balas Batalkan Balasan Hapus Oleh Home HALAMAN POSTS Tampilkan Semua BACA JUGA: TAG ARSIP CARI SEMUA POST Artikel yang Anda cari tidak ditemukan Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy Semua Seleksi Semua Semua Code Telah Tercopy Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy