Peranan Kaidah Hukum Bagi Masyarakat

Peranan Kaidah Hukum Bagi Masyarakat

Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban

MANGKUNEGARA.COM - Tulisan ini merupakan tugas mata kuliah Pengantar Ilmu Hukum (PIH). Dibuat mandiri oleh mahasiswa dan ditayangkan pada portal mangkunegara.com.
  • [message]
    • ##check## Ditulis Oleh : Achmad Ichsaniar Noorsy
      • Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban Kelas Reguler A
Setiap manusia memiliki pemikiran yang berbeda beda ,sehingga mempunyai kepentingan individu (sendiri) dan juga manusia mempunyai kepentingan bersama yang mengharuskan adanya keamanan dalam masyarakat .Adapun yang memimpin kehidupan bersama ,yang mengatur tingkah laku manusia dalam masyarakat adalah peraturan hidup .Supaya dapat memenuhi kebutuhan–kebutuhannya dengan aman dan tentram dan damai tanpa gangguan ,maka bagi setiap manusia memerlukan adanya suatu tata (orde atau ordnung).Tata itu berwujud aturan-aturan yang menjadi pedoman bagi segala tingkah laku manusia dalam pergaulan hidup ,sehingga kepentingan masing-masing dapat terpelihara dan terjamin .Setiap anggota masyarakat mempunyai hak dan kewajiban .Secara etimologi Tata itu lazim disebut KAEDAH (berasal dari bahasa arab ) atau NORMA (berasal dari bahasa Latin ) atau ukuran–ukuran.

Pada dasarnya kehidupan manusia di dalam pergaulan masyarakat diliputi oleh norma ,yaitu peraturan hidup yang memengaruhi tingkah laku manusia di dalam masyarakat .Sejak masa kecil manusia merasakan adanya peraturan –peraturan hidup yang membatasi dalam mengarungi hidup .Dalam masyarakat terdapat berbagai golongan dan aliran .Walaupun golongan dan aliran beraneka ragam dan masing-masing mempunyai kepentingan sendiri ,akan tetapi kepentingan bersama mengharuskan adanya ketertibandalam kehidupan masyarakat .Keamanan dalam masyarakat akan terpelihara ,bilamana tiap warga masyarakat itu tidak mengganggu sesamanya .Bila keamanan terganggu ,maka masyarakat akan kacau .Maka norma (suatu aturan ) akan memberi batasan aturan yang bersifat perintah dan anjuran serta larangan - larangan .Ketentuan - ketentuan larangan untuk perbuatan –perbuatan yang apabila dilakukan atau tidak dilakukan dapat membahayakan kehidupan bersama ,sebaliknya perintah-perintah adalah ditujukan agar dilakukan perbuatan - perbuatan yang dapat memberi kebaikan bagi kehidupan bersama.

Pada kenyataannya dalam kehidupan manusia di dalam pergaulan masyarakat diliputi oleh peraturan atau norma hidup yang mempengaruhi tingkah laku manusia di dalam masyarakat .Adanya suatu norma untuk memberi petunjuk kepada manusia bagaimana seorang harus bertindak dalam masyarakat serta perbuatan – perbuatan mana yang harus dijalankan dan perbuatan mana pula yang harus dihindari .Apabila perilaku warga masyarakat menuruti norma atau kaidah maka perbuatannya dipandang wajar atau normal ,dan apabila sebaliknya dianggap tidak normal atau menyimpang,sehingga akan menerima reaksi dari masyarakat .Dapat dikatakan suatu kaidah atau norma adalah ukuran atau pedoman untuk berperilaku atau bersikap ,bertindak ,dalam hidup .Dalam kajian makalah ini akan diuraikan tentang kaedah atau norma hukum dan norma yang lainnya yang berguna untuk menjaga ketertiban keamanan dalam masyarakat.

Norma-norma itu mempunyai dua macam isi dan menurut isinya berwujud:
[post_ads]
[next]
  1. Perintah yang merupakan keharusan bagi seseorang untuk berbuat sesuatu oleh karena akibat–akibatnya dipandang baik.
  2. Larangan yaitu keharusan bagi seseorang untuk tidak berbuat sesuatu oleh karena itu akibat–akibatnya dipandang tidak baik.
Jadi kaidah atau norma adalah ketentuan-ketentuan baik buruknya perilaku manusia ditengah pergaulan kehidupan masyarakat ,dengan menentukan perangkat-perangkat atau penggalan - penggalan aturan yang bersifat perintah dan anjuran serta larangan –larangan dalam hidup bermasyarakat .Apabila perilaku warga masyarakat menuruti norma atau kaidah maka perbuatannya dapat dipandang normal dan sebaliknya apabila perbuatan dianggap tidak normal atau menyimpang akan mendapat reaksi dari masyarakat.

Manfaat norma adalah untuk memberi petunjuk kepada manusia bagaimana seseorang harus bertindak dalam masyarakat serta perbuatan–perbuatan mana yang harus dijalankan dan perbuatan-perbuatan mana yang harus dihindari.Norma-norma itu dapat dipertahankan dengan sanksi-sanksi,yaitu ancaman hukuman terhadap siapa saja yang melanggarnya .Sanksi itu merupakan suatu pengukuh terhadap berlakunya norma-norma dan merupakan pula reaksi terhadap perbuatan yang melanggar norma.

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa melakukan hubungan dan bekerja sama dengan manusia lainnya di masyarakat. Agar kerja sama antarsesama manusia dapat berlangsung dengan baik, lancar, dan dapat optimal, manusia membutuhkan suasana dan kondisi yang tertib dan teratur. Dalam hal ini manusia membutuhkan aturan, tata pergaulan, sehingga mereka dapat hidup dalam suasana yang harmonis.Uraian tersebut menunjukkan arti pentingnya norma-norma sosial dalam kehidupan masyarakat. Dengan demikian, ada hubungan antara interaksi sosial dengan norma sosial. Di manakah letak hubungannya?

Norma lahir karena adanya interaksi sosial dalam masyarakat.Masyarakat yang berinteraksi membutuhkan aturan main, tata pergaulan yang dapat mengatur mereka untuk mencapai suasana yang diharapkan, yaitu tertib dan teratur. Untuk mencapainya, maka dibentuklah norma sebagai pedoman yang dapat digunakan untuk mengatur pola perilaku dan tata kelakuan yang akhirnya disepakati bersama oleh anggota kelompok masyarakat tersebut.

Keamanan dalam masyarakat akan terpelihara ,bilamana tiap warga masyarakat itu tidak mengganggu sesamanya .Apabila keamanan terganggu maka masyarakat itu akan resah dan bahkan bias kacau .Manusia –manusia yang bersifat individualistis misalnya akan mementingkan dirinya sendiri dan timbulah pertikaian .Jika keadaan masyarakat terus menerus demikian maka tidak dapatlah dikatakan ,bahwa ada penghidupan yang teratur dalam masyarakat itu.

Tetapi di dunia ini manusia terikat oleh peraturan hidup yang disebut norma ,tanpa atau disertai sanksi .Apabila seseorang melanggar suatu norma ,maka orang lain itu akan mengalami sanksi yang berbagi sifat dan beratnya .Beberapa contoh peraturan hidup misalnya:
  1. Orang yang tahu aturan tidak akan berbicara sambil mengisap rokok di hadapan yang harus atau pantas dihormati.
  2. Seorang tamu yang hendak pulang ,harus diantarkan sampai diambang pintu.
  3. Seorang penjual diharuskan menyerahkan barang yang telah terjual kepada pembelinya.
  4. Orang yang mencuri barang milik orang lain harus dihukum.
Tidak ada larangan bagi orang untuk merokok ,kecuali ditempat-tempat tertentu.Orang yang berbicara sambil menghisap rokok dihadapan orang yang harus dihormati hanyalah mendapat celaan dalam masyarakat yang beradab (sopan ).Kemudian seorang tuan rumah tak dapat dipaksakan supaya ia mengantarkan tamunya yang hendak pulang sampai diambang pintu .Jika ia tidak mengantarkan tamunya ,ia tak akan mendapatkan hukuman ..Seorang yang mencuri akan menderita kerugian pada badannya ,ia akan dihukum penjara dan kehilangan kebebasan untuk sementara waktu.
[next]
Dalam masyarakat yang teratur ,ada suatu badan resmi yang berkuasa untuk menghukum orang-orang yang melanggar peraturan-peraturan hidup seperti yang disebutkan dalam contoh ke 3 dan ke 4.Oleh karena itu setiap anggota masyarakat akan berusaha untuk menaati peraturan–peraturan hidup yang seperti itu.Peraturan–peraturan hidup yang demikian itu disebut peraturan hukum atau norma hukum .Norma hukum disertai sanksi berupa hukuman yang sifatnya memaksa ,dan jika peraturan itu dilanggar.

Sanksi hukuman dapat berupa:
  1. Pidana penjara (hukuman badan )
  2. Penggantian kerugian ( pidana benda).

Kehidupan manusia di dalam pergaulan masyarakat diliputi oleh norma ,yaitu peraturan hidup yang memengaruhi tingkah laku manusia di dalam masyarakat .Sejak masa kecil manusia merasakan adanya peraturan –peraturan hidup yang membatasi sepak terjangnya .Pada permulaannya yang dialami hanyalah peraturan –peraturan hidup yang berlaku dalam lingkungan keluarga yang dikenalnya ,kemudian juga yang berlaku diluarnya ,dalam masyarakat .Yang paling dirasakan adalah peraturan–peraturan hidup yang berlaku dalam suatu Negara.

Akan tetapi dengan adanya norma–norma itu dirasakan pula olehnya adanya penghargaan dan perlindungan terhadap dirinya dan kepentingan–kepentingannya .Demikianlah norma –norma itu mempunyai tujuan supaya kepentingan masing –masing warga masyarakat dan ketentraman dalam masyarakat terpelihara dan terjamin .Dalam pergaulan hidup dibedakan 4 macam norma yaitu :
  1. Norma atau kaidah kepercayaan atau keagamaan
  2. Norma atau kaidah kesusilaan
  3. Norma atau kaidah kesopanan atau tata krama
  4. Norma atau kaidah hukum.
Norma keagamaan adalah peraturan atau kaidah yang sumbernya dari firman atu perintah Tuhan melalui Nabi atau utusanya. Bagi orang yang beragama, perintah atau firman Tuhan itu menjadi petunjuk atau pedoman didalam sikap dan perbuatanya (way of life). Kaidah agama tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan Tuhanya tetapi juga mengatur hubungan antar sesama manusia. Bagi mereka yang melanggar norma agama akan mendapatkan sanksi yang berupa kemurkaan Tuhan atau siksaan neraka.

Kaidah kepercayaan atu keagamaan ditujukan kepada kehidupan beriman. Kaidah ini ditujukan terhadap manusia kepada tuhan dan kepada dirinya sendiri. Tuhanlah yang mengancam pelanggaran-pelanggaran kaidah kepercayaan atau agama itu dengan sanksi.

Kaidah kepercayaan atau agama ini bertujuan untuk menyempurnakan manusia oleh karena kaidah ini ditunjukan kepada umat manusia dan melarang manusia melakukan perbuatan jahat. Dengan demikian tidak dikehendaki adanya kejahatan-kejahatan. Kaidah kepercayaan ini tidak ditujukan kepada sikap lahir, tetapi kepada sikap batin manusia. Diharapkan dari manusia hahwa sikap batinnya sesuai dengan isi kaidah kepercayaan atau keaagamaan.

[next]

Kaidah kepercayaan atu keagamaan ini hanyalah memberikan manusia dengan kewajiban-kewajiban semata-mata tidak memberi hak. Adanya hanya menunaikan kewajiban, menaati dan melaksanakan kaidah kepercayaan atau keagamaan. Kaidah atau norma keagamaan jika dilanggar tidaklah memberikan sanksi yang dapat dirasakan secara langsunng di dunia ini.

Kehidupan manusia dalam bermasyarakat, selain diatur oleh hukum juga diatur oleh norma-norma agama, kesusilaan, dan kesopanan, serta kaidah-kaidah lainnya.Kaidah-kaidah sosial itu mengikat dalam arti dipatuhi oleh anggota masyarakat di mana kaidah itu berlaku.Hubungan antara hukum dan kaidah-kaidah sosial lainnya itu saling mengisi.Dalam kehidupan masyarakat, norma memiliki beberapa fungsi atau kegunaan. Apa sajakah fungsi norma dalam kehidupan masyarakat? Kita mengenal beberapa fungsi norma, yaitu sebagai berikut:
  • Pedoman hidup yang berlaku bagi semua anggota masyarakat pada wilayah tertentu.
  • Memberikan stabilitas dan keteraturan dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Mengikat warga masyarakat, karena norma disertai dengan sanksi dan aturan yang tegas bagi para pelanggarnya.
  • Menciptakan kondisi dan suasana yang tertib dalam masyarakat.
  • Adanya sanksi yang tegas akan memberikan efek jera kepada para pelanggarnya, sehingga tidak ingin mengulangi perbuatannya melanggar norma.
[post_ads_2]
Daftar Bacaan
    DISCLAIMER:
    Konten dari tulisan ini adalah milik mahasiswa yang bersangkutan. Segala sesuatu berkaitan dengan isi tulisan sepenuhnya menjadi otoritas mahasiswa. Penayangan pada website ini juga telah melalui persetujuan dari pihak yang bersangkutan.

    KOMENTAR

    Name

    AGAMA,2,Biografi,1,BLOG,16,Dosen,26,Download,15,Foto,14,HUKUM,4,HUMANIORA,9,Instagram,7,Jadwal Kuliah,2,Mahasiswa,49,Makalah,6,MANGKUNEGARA,6,Materi Kuliah,13,POLITIK,3,Puisi,1,Reguler A,26,Reguler B,24,Rubrik Mahasiswa,49,Sastra,1,Sejarah,2,Tugas Kuliah,53,
    ltr
    item
    Website Resmi | Dr. RM. Armaya Mangkunegara, S.H., M.H.: Peranan Kaidah Hukum Bagi Masyarakat
    Peranan Kaidah Hukum Bagi Masyarakat
    Peranan Kaidah Hukum Bagi Masyarakat
    https://4.bp.blogspot.com/-fPEFT_geQzA/W_AdAm9FAEI/AAAAAAAAASg/E0bSS5RiFU0fnIWOclrandCvei-0HRpAQCLcBGAs/s320/ILUSTRASI%2BTUGAS.png
    https://4.bp.blogspot.com/-fPEFT_geQzA/W_AdAm9FAEI/AAAAAAAAASg/E0bSS5RiFU0fnIWOclrandCvei-0HRpAQCLcBGAs/s72-c/ILUSTRASI%2BTUGAS.png
    Website Resmi | Dr. RM. Armaya Mangkunegara, S.H., M.H.
    https://www.mangkunegara.com/2018/11/peranan-kaidah-hukum-bagi-masyarakat.html
    https://www.mangkunegara.com/
    https://www.mangkunegara.com/
    https://www.mangkunegara.com/2018/11/peranan-kaidah-hukum-bagi-masyarakat.html
    true
    8785525627328632150
    UTF-8
    Tampilkan Semua Post Tidak Menemukan Post TAMPILKAN Baca Selengkapnya Balas Batalkan Balasan Hapus Oleh Home HALAMAN POSTS Tampilkan Semua BACA JUGA: TAG ARSIP CARI SEMUA POST Artikel yang Anda cari tidak ditemukan Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy Semua Seleksi Semua Semua Code Telah Tercopy Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy