TIPS - Teknik Dasar Penulisan Makalah

Tips menulis makalah untuk tugas kuliah

Mangkunegara

MANGKUNEGARA- Bagi yang sedang menempuh atau setidaknya pernah berada di dunia perkuliahan, menulis makalah bukan hal baru. Hampir setiap tugas pengajar mata kuliah dapat bebentuk makalah. Tidak jarang, mahasiswa menulis makalah masih merasa kebingungan menentukan bagian-bagian pokok dalam penulisan makalah.

Makalah seyogyanya memberikan sumbangan kepada khasanah ilmu pengetahuan berupa pemecahan masalah, atau setidaknya dapat menyajikan diskripsi ilmiah dari suatu objek penelitian, dan bukan merupakan duplikasi/pengulangan dari penelitian-penelitian yang telah dilakukan.

Memang tidak harus baku sama, namun setidaknya makalah terdiri dari bagian-bagian pokok sebagai berikut:
  1. JUDUL MAKALAH
  2. PENDAHULUAN
  3. PEMBAHASAN
  4. PENUTUP
  5. DAFTAR BACAAN
[post_ads]

JUDUL MAKALAH

Judul berisi gambaran pokok isi yang ditulis dan dibahas dalam makalah. Membaca judul, setidaknya sedikit telah mendapatkan abstraksi apa saja yang ditulis dalam makalah, sehingga judul harus dirumuskan dengan kalimat yang mudah dipahami dan mencerminkan isi makalah. Judul Makalah harus merupakan rangkaian dua preposisi atau lebih dan minimal
mengandung satu konsep teoritis yang dikaji.

PENDAHULUAN

Pada sub pendahuluan, di dalamnya berisi Latar Belakang dan Rumusan Masalah. Latar belakang merupakan landasan pemikiran yang menjadi dasar penulisan judul makalah. Bisa saja memunculkan deskripsi umum permasalahan yang diangkat dan dibahas dalam makalah.

Latar belakang dapat juga memunculkan pandangan-pandangan awal sehingga menjadi dasar yang melandasi penulisan makalah.

Rumusan masalah merupakan formulasi dalam bentuk singkat permasalahan yang akan ditulis atau dibahas dalam makalah. Rumusan masalah kadang dibuat dalam bentuk pertanyaan, namun tidak menutup kemungkinan rumusan masalah juga dapat berupa kalimat pernyataan.

Rumusan masalah berupa pertanyaan ditandai dengan adanya kalimat tanya. Sedangkan rumusan masalah berupa pernyataan, cukup disampaikan permasalahan dalam kalimat biasa.

Contoh rumusan masalah berupa pertanyaan : Apa syarat sah perkawinan menurut UU Nomor 1 Tahun 1974?. Adapun contoh rumusan masalah yang berupa pernyataan: Syarat sah perkawinan menurut UU Nomor 1 Tahun 1974.

Sistematika pendahuluan bisa dibagi dalam dua sub sub bab. Pertama berupa sub sub bab Latar Belakang dan kedua berupa sub sub bab Rumusan Masalah. Ada juga yang cukup menggabungkan antara latar belakang dan rumusan masalah. Rumusan masalah ditempatkan pada paragraf akhir.

PEMBAHASAN

Pembahasan berisi uraian sistematis yang memberikan penjelasan atas masalah yang dibahas dalam makalah. Pembahasan biasanya dibagi dalam beberapa sub sub bab. Banyaknya sub sub bab dalam pembahasan juga tidak ada ukuran baku. Namun setidaknya mengacu pada rumusan masalah.

Inti dari pembahasan adalah jawaban dari permasalahan yang ditulis dalam makalah. Maka, jika masalah yang dirumuskan terdiri dari 2 (dua), pembahasan setidak-tidaknya juga terdiri dari 2 (dua) sub sub bab.

Penggunaan tata bahasa dalam pembahasan harus berdasarkan kaidah penulisan yang baik dan benar. Mengingat pembahasan merupakan cerminan keilmuan penulis makalah atas masalah yang diangkat.

Penulis juga harus menggunakan metode sistematis berdasarkan teori-teori yang digunakan dalam membahas permasalahan. Artinya, membahas permasalahan tidak hanya sebatas asumsi penulis, melainkan mengacu dari teori yang ada yang dianalisa untuk mengurai jawaban permasalahan.

PENUTUP

Bagian penutup berisi simpulan dan saran. Simpulan merupakan deskripsi singkat atas pembahasan yang telah dikaji. Simpulan harus merupakan jawaban dari rumusan masalah yang disusun secara ringkas mengacu bab uraian di mana rumusan masalah tersebut dianalisis.

Saran berisi masukan atau usulan dari penulis menyikapi hasil pembahasan, dalam hal ini Saran merupakan rekomendasi yang bersifat operasional mengacu pada hasil simpulan yang ditarik dari analisis atas rumusan masalah.

Banyaknya simpulan bergantung dari berapa banyak permasalahan yang dikaji. Misalnya, rumusan permasalahan terdiri dari 2, maka simpulan juga berisi 2. Adapun saran bisa lebih dari itu. Namun sebaiknya tetap mengacu pada jumlah simpulan.

DAFTAR BACAAN

Memuat literatur yang digunakan sebagai rujukan dalam penulisan makalah. Dapat berupa buku, jurnal, peraturan perundang-undangan maupun media lain dengan tetap berpedoman pada teknik penulisan daftar bacaan.
Terpenting dalam penulisan makalah perlu diperhatikan keserasian atau konsistensi antara judul, rumusan masalah, pembahasan serta penarikan kesimpulan.
[post_ads_2]
Demikian sedikit catatan tentang Teknik Dasar Penulisan Makalah. Semoga bermanfaat !

Untuk mengetahui keseluruhan artikel seputar teknik penulisan makalah, silakan membuka tagar  #Makalah 
[post_ads]
DISCLAIMER:
Konten dari tulisan ini secara khusus ditujukan kepada mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban. Tidak menutup kemungkinan, secara umum juga dapat diterapkan.

KOMENTAR

Name

AGAMA,2,Biografi,1,BLOG,16,Dosen,26,Download,15,Foto,14,HUKUM,4,HUMANIORA,9,Instagram,7,Jadwal Kuliah,2,Mahasiswa,49,Makalah,6,MANGKUNEGARA,6,Materi Kuliah,13,POLITIK,3,Puisi,1,Reguler A,26,Reguler B,24,Rubrik Mahasiswa,49,Sastra,1,Sejarah,2,Tugas Kuliah,53,
ltr
item
Website Resmi | Dr. RM. Armaya Mangkunegara, S.H., M.H.: TIPS - Teknik Dasar Penulisan Makalah
TIPS - Teknik Dasar Penulisan Makalah
Tips menulis makalah untuk tugas kuliah
https://4.bp.blogspot.com/-g4ihvfeY-Yg/XADZdBJemlI/AAAAAAAAHXU/fR1ExFIeQ5sMdr4EXxVVjD1adcMFri-3ACLcBGAs/s320/Ilustrasi%2BTeknik%2BDasar%2Bpenulisan%2Bmakalah.png
https://4.bp.blogspot.com/-g4ihvfeY-Yg/XADZdBJemlI/AAAAAAAAHXU/fR1ExFIeQ5sMdr4EXxVVjD1adcMFri-3ACLcBGAs/s72-c/Ilustrasi%2BTeknik%2BDasar%2Bpenulisan%2Bmakalah.png
Website Resmi | Dr. RM. Armaya Mangkunegara, S.H., M.H.
https://www.mangkunegara.com/2018/11/tips-teknik-dasar-penulisan-makalah.html
https://www.mangkunegara.com/
https://www.mangkunegara.com/
https://www.mangkunegara.com/2018/11/tips-teknik-dasar-penulisan-makalah.html
true
8785525627328632150
UTF-8
Tampilkan Semua Post Tidak Menemukan Post TAMPILKAN Baca Selengkapnya Balas Batalkan Balasan Hapus Oleh Home HALAMAN POSTS Tampilkan Semua BACA JUGA: TAG ARSIP CARI SEMUA POST Artikel yang Anda cari tidak ditemukan Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy Semua Seleksi Semua Semua Code Telah Tercopy Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy