Bahaya Mengkonsumsi Arak

Bahaya Mengkonsumsi Arak

Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban
MANGKUNEGARA.COM - Tulisan ini merupakan tugas mata kuliah Pengantar Ilmu Hukum (PIH). Dibuat mandiri oleh mahasiswa dan ditayangkan pada portal mangkunegara.com.
  • [message]
    • ##check##Ditulis Oleh :  Siti Kumariyah
      • Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban Kelas Reguler A
Kehidupan bermasyarakat berbangsa, dan bernegara tak luput dari peranan hukum. Ketertiban, keamanan, dan keserasian hidup serta keberlangsung pembangunan dalam upaya mencapai tujuan hidup berbangsa dan bernegara amat ditentukan oleh hukum. Hal ini karna hukum berperan mengatur tingkah laku seluruh warga negara, termasuk mengatur interaksi atau hubungan antarwarga negara serta antara warga negara dan pemerintah. 


Artikel ini saya tunjukan khususnya untuk kalangan remaja, pelajar atau generasi muda yang tidak lain adalah sebagai generasi penerus bangsa. Artikel ini membahas tentang “ Bahaya Arak “. Arak, kadang dieja arrack (bahasa Inggris)[1] adalah minuman beralkohol suling jenis minuman keras yang biasanya diproduksi di negara-negara Asia Tenggara dan Asia Selatan. Arak terbuat dari fermentasi nira mayang kelapa, tebu, biji-bijian (misalnya beras, beras merah) atau buah, tergantung pada negara atau wilayah asalnya. Bahan distilat arak dapat dicampur, disimpan lebih lama dalam tong kayu, atau berulang kali disuling dan disaring tergantung pada rasa dan warna keinginan pembuatnya. Arak Indonesia atau Asia Selatan jangan disamakan dengan minuman keras bernama sama dari Mediterania Timur, "Arak". Arak mediterania timur berbeda dengan arak Indonesia atau Asia Selatan karena berperisa adas, dan umumnya hanya dikonsumsi di Mediterania Timur dan negara-negara Afrika Utara.

Pada tahun 1986, para peneliti melakukan survei terhadap lebih dari 50.000 dokter pria di AS mengenai kebiasaan makan dan minum mereka, riwayat kesehatan dan keadaan kesehatannya dalam dua tahun. Ditemukan bahwa semakin banyak alkohol yang dilaporkan dimimum oleh para dokter, semakin rendah kemungkinan mereka terkena penyakit arteri coroner, tanpa memandang kebiasaan makan mereka. Sebuah penelitian besar lain yang diterbitkan tahun 2000, juga atas para dokter pria, menemukan hubungan berbentuk huruf ‘U’ antara konsumsi alkohol dalam jumlah sedang dengan –dalam kasus ini– kematian, jadi bukan dengan penyakit arteri coroner. Subjek penelitian yang minum satu minuman dalam ukuran standar per hari lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal dalam waktu 5,5 tahun dibandingkan yang minum kurang dari seminggu sekali, atau yang minum lebih dari satu per hari. Hal ini menunjukkan adanya ‘titik baik’ bagi konsumsi alkohol; takaran menengah yang sehat antara minum terlalu sedikit dan minum terlalu banyak, dengan manfaat untuk kesehatan kardiovaskular yang menyeimbangi risiko kematian dari penyebab apa pun.

Arak yang biasa disebut banyu wondo minuman ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Tuban, pembuatanya pun tidaklah sulit, bahan-bahan yang di gunakan juga bisa didapatkan dari pasar-pasar tradisional tanpa harus ke luar kota. Bahan yang di butuhkan untuk membuat arak seperti beras ketan,gula jawa, dan ragi.beras ketan di kukus kemudian di campur dengan ragi setelah itu baru di campur dengan gula jawa lalu di fermentasi sampai beberapa hari bahkan sampai2 minggu, kemudian di suling menggunakan dandang tembaga berukuran besar. Penyulingan tidak di lakukan sekali saja, namun beberapa kali dan penyulingan yang pertama yang paling banyak mengandung alkohol 40 sampai 60 persen.”ujar siswoko mantan karyawan produsen arak yang ada di kawasan Semanding kota Tuban.
[post_ads]
Seiring berkembangnya teknologi dan informasi peredaran arak semakin luas hingga ke pelosok-pelosok bahkan lingkungan sekolah yang merupakan tempat belajar. Arak oplosan kini menjadi permasalahan besar karena tidak hanya mengancam pelaku pembuatnya tapi juga berdampak pada lingkungan sosial dengan meningkatnya kriminalitas yang diakibatkan pengaruh dari arak oplosan (miras oplosan). Terdapat banyak bahaya dari mengkonsumsi arak bagi kesehatan dan lingkungan. Selain itu arak juga memiliki banyak manfaat diantarnya dapat di gunakan sebagai parem dan untuk menghangatkan badan. Namun pada saat ini arak disalahgunakan oleh masyarakat dengan mencampurkannya dengan bahan berbahaya lainnya yang. Menurut Agung Adyaksa beberapa dampak negatif mengkonsumsi Arak bagi kesehatan antar lain:
[next]
  1. Gangguan Mental Organik (GMO)
  2. Gangguan ini akan mengakibatkan perubahan perilaku, seperti bertindak kasar, gampang marah sehingga memiliki masalah dalam lingkungan sekitar. Perubahan fisiologi seperti mata juling, muka merah dan jalan sempoyongan. Perubahan psikologi seperti susah konsentrasi, sering ngelantur dan gampang tersinggung.
  3. Merusak Daya Ingat
  4. Kecanduan minuman keras dapat nghambat perkembangan memori dan sel-sel otak.
  5. Oedema Otak
  6. Pembengkakan dan terbendunganya darah di jaringan otak. Sehingga mengakibatkan gangguan koordinasi dalam otak secara normal.
  7. Sirosis Hati
  8. Peradangan sel hati secara luas dan kematian sel dalam hati akibat terlalu banyak minum minuman keras.
  9. Gangguan Jantung
  10. Terlalu banyak minum minuman keras dapat membuat kerja jantung tidak berfungsi dengan baik.
  11. Gastrinitis
  12. Radang atau luka pada lambung. Ini biasanya diakibatkan gara2 muntah akibat mninuman keras, karena lambung harus memompa secara paksa keluar zat-zat adiktif yang beracun dalam tubuh.
  13. Paranoid
  14. Karena kecanduan, kadang2 peminum sering seperti merasa kepala dipukuli atau tidak tenang. Sehingga perilakunya menjadi lebih kasar terhadap orang di sekelilingnya.
  15. Keracunan/Mabuk
  16. Terlalu banyak minum minuman keras dapat menghilangkan kesadaran dirinya alias udah naik atau ngefly.

Sementara itu menurut Putu Ayu Indrayathi dosen program studi ilmu kesehatan (IKM) Fakultas kedokteran Universitas Udayana, mengatakan ada dua penyebab orang keracunan arak metanol. Pertama karena arak dicampur (dioplos) dengan bahan tidak layak konsumsi, misalnya obat nyamuk atau spirius. Efek dari arak oplosan ini sangat berbahaya seperti ketidak sadaran, pusing, asam lambung, detak jantung bahkan sampai kematian.

Pembuatan Arak memang sangat di larang oleh pemerintah hal itu tertuang pada pasal 204 dan 205 KUHP dalam UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Namun masih banyak orang-orang yang menyalahi aturan daerah dengan diam-diam membuat miras jenis arak ini di beberapa tempat seperti membuat arak di rumah kosong yang sangat jauh dengan keramaian masyarakat tanpa mementingkan bahaya yang akan terjadi di masyarakat. Beberapa produsen arak memasarkan miras jenis arak ini ke beberapa tempat bahkan sampai ke luar kota.
[post_ads]
Demi menciptakan ketertiban di masyarakat pihak berwajib harus memberikan efek jera kepada pembuat miras berjenis arak ini agar mereka jera dan tidak mengulangi perbuatannya. RUU Larangan Minuman Beralkohol yang melarang secara total produksi, distribusi, penjualan, sampai konsumen minuman beralkohol. Meskipun demikian ada beberapa pengecualian. Semisal untuk pariwisata, acara adat-istiadat dan keperluan medis. Misalnya masyarakat Bali justru menjadikan arak sebagai oleh-oleh khas Bali bagi para wisatawan yang datang ke Bali. Arak Bali juga diyakini dapat dijadikan obat atau penghangat untuk menghilangkan rasa gatal. Selain itu arak juga biasanya digunakan untuk sarana upacara keagamaan. Sehingga, arakpun menjadi fenomenal antara disucikan atau dilarang lantaran mengakibatkan kebutaan hingga kematian. Padahal, arak Bali sebagai penunjang perekonomian masyarakat di pedesaan. Karena, termasuk kreativitas industri budaya kreatif berbasis kearifan lokal khas daerah, kabupaten atau kota yang bernilai ekonomis.

Dengan demikian Arak memiliki dampak positif dan negatif bagi kesehatan tergantung cara mengkonsumsinya dengan dosis yag sesuai. Untuk mengurangi meluasnya peredaran arak aparat kepolisian berupaya melakukan penanggulangan secara maksimal melalui tiga cara pertama langkah-langkah preventive berupa sosialisasi ke sekolah-sekolah dan komunitas yang rawan mengkonsumsi minuman tersebut. Ke dua langkah preventive di antarannya dengan melakukan razia ke sekolah-sekolah terhadap barang-barang yang di bawa para siswa. Cara ke tiga yakni refresif berupa oprasi penindakan dan penertiban. Sasaranya adalah warung, cafe, maupun toko jamu yang di duga menjual miras.

Daftar Bacaan

(https://id.wikipedia.org/wiki/Arak_%28minuman_keras%29)
(https://www.bbc.com/indonesia/vert_fut/2015/09/150928_vert_fut_alcohol)
[post_ads_2]

DISCLAIMER:
Konten dari tulisan ini adalah milik mahasiswa yang bersangkutan. Segala sesuatu berkaitan dengan isi tulisan sepenuhnya menjadi otoritas mahasiswa. Penayangan pada website ini juga telah melalui persetujuan dari pihak yang bersangkutan.

KOMENTAR

Name

AGAMA,2,Biografi,1,BLOG,16,Dosen,27,Download,15,Foto,14,HUKUM,5,HUMANIORA,9,Instagram,7,Jadwal Kuliah,2,Mahasiswa,49,Makalah,6,MANGKUNEGARA,6,Materi Kuliah,13,POLITIK,3,Puisi,1,Reguler A,26,Reguler B,24,Rubrik Mahasiswa,50,Sastra,1,Sejarah,2,Tugas Kuliah,54,
ltr
item
Website Resmi | Dr. RM. Armaya Mangkunegara, S.H., M.H.: Bahaya Mengkonsumsi Arak
Bahaya Mengkonsumsi Arak
Bahaya Mengkonsumsi Arak
https://4.bp.blogspot.com/-fPEFT_geQzA/W_AdAm9FAEI/AAAAAAAAASg/E0bSS5RiFU0fnIWOclrandCvei-0HRpAQCLcBGAs/s320/ILUSTRASI%2BTUGAS.png
https://4.bp.blogspot.com/-fPEFT_geQzA/W_AdAm9FAEI/AAAAAAAAASg/E0bSS5RiFU0fnIWOclrandCvei-0HRpAQCLcBGAs/s72-c/ILUSTRASI%2BTUGAS.png
Website Resmi | Dr. RM. Armaya Mangkunegara, S.H., M.H.
https://www.mangkunegara.com/2018/12/bahaya-mengkonsumsi-arak.html
https://www.mangkunegara.com/
https://www.mangkunegara.com/
https://www.mangkunegara.com/2018/12/bahaya-mengkonsumsi-arak.html
true
8785525627328632150
UTF-8
Tampilkan Semua Post Tidak Menemukan Post TAMPILKAN Baca Selengkapnya Balas Batalkan Balasan Hapus Oleh Home HALAMAN POSTS Tampilkan Semua BACA JUGA: TAG ARSIP CARI SEMUA POST Artikel yang Anda cari tidak ditemukan Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy Semua Seleksi Semua Semua Code Telah Tercopy Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy