Kebiasaan Membuang Sampah Sembarangan

Kebiasaan Membuang Sampah Sembarangan


Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban
MANGKUNEGARA.COM - Tulisan ini merupakan tugas mata kuliah Pengantar Ilmu Hukum (PIH). Dibuat mandiri oleh mahasiswa dan ditayangkan pada portal mangkunegara.com.
  • [message]
    • ##check##Ditulis Oleh :  Muyassaroh
      • Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban Kelas Reguler A
Berkaitan dengan aturan membuang sampah ,seperti hal yang sering kita lakukan atau bahkan menjadi suatu kebiasaan ternyata tidak jauh juga berkenaan dengan masalah hukum yang berlaku. Pada penulisan artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana sih hukum atau aturan membuang sampah di sekitar kita atau dalam kehidupan?

Pengertian Hukum

Pengertian hukum adalah suatu sistem peraturan yang didalamnya terdapat norma-norma dan sanksi-sanksi yang bertujuan untuk mengendalikan perilaku manusia, menjaga ketertiban dan keadilan, serta mencegah terjadinya kekacauan.tujuanya adalah untuk menertibkan segala perilaku masyarakat dalam kehidupan.pada intinya kita hidup tidak akan terlepas dengan yang dimakan dengan hukum.

Seperti halnya yang telah di ungkapkan oleh teori HANS KELSEN [1]bahwasanya hukum adalah ilmu pengetahuan mnegenai hokum yang berlaku bukan mengenai hokum yang seharusnya. Teori hukum yang dimaksud adalah teori hukum murni, yang disebut teori hukum positif. Teori hukum murni, makdusnya karena ia hanya menjelaskan hukum dan berupaya membersihkan objek penjelasan dari segala hal yang tidak bersangkut paut dengan hukum. Sebagai teori, ia menjelaskan apa itu hukum, dan bagaimana ada.

Kebiasaan Masyarakat Membuang Sampah Sembarangan

Membuang sampah sembarangan sudah menjadi kebiasaan atau tradisi bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Dikatakan dengan seperti itu karena memang sering terlihat banyak masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan tidak pada tempatnya. Terkadang tempat sampah sudah tersedia namun masyarakat seakan tidak melihatnya entah itu karena malas atau memang tidak ingin, dan malah membuang di mana mana. Namun, terkadang juga memang kurangnya pemerintah dalam menyediakan tempat sampah. Kurangnya kesadaran hukum merupakan salah satu faktor penyebab, oleh sebab itu operan hukum dalam menertibkan kehidupan masyarakat sangatlah penting.

Banyak sampah berserakan diluar atau didalam kota, itu semua akibat kesengajaan masyarakat yang malas atau tidak ingin. Masyarakat yang membuang sampah tidak mengenal umur, latar belakang atau status pekerjaan, baik dari kalangan remaja, orangtua, anak anak , kaya atau miskin sering membuang sampah sembarangan. Mungkin semua itu dikarenakan lingkungan kebiasaan orang sekitar mereka yang juga membuang sampah sembarangan atau tidak menjaga kebersihan. Kebiasaan membuang sampah dilakukan secara langsung didepan umum tanpa rasa malu atau bersalah sedikitpun, mereka yang membuang sampah sembarangan itu tidak memikirkan bagaimana jika orang lain melihat perbuatannya. Dan sebaliknya, mereka ketika melihat orang lain yang membuang sampah sembarangan tidak ada yang menegur, bahkan mereka sama sekali tidak peduli.

Ketidakpedulian tersebut telah menjadikan kebiasaan membuang sampah itu sulit dihentikan. Masyarakat juga menjadikan sungai sebagai tempat sampah hingga pada akhirnya sungai menjadi tercemar, disebabkan banyaknya sampah disungai dan menjadikan banjir, tanpa mereka sadari banjir adalah perbuatan mereka sendiri yang membuang sampah seenaknya.

Semua masyarakat pasti menginginkan lingkungan hidup sehat bersih dan tidak tercemar, tapi itu semua hanya keinginan tanpa ada usaha menjaganya lingkungan mereka.

Banyak orang yang menyahlahkan pemerintah karena hal tersebut tetapi itu ulah dari perbuatan mereka sendiri, karena pemerintah sudah memberikan sosialisasi banyak banyak slogan slogan yang mendorong masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, namun mengapa mereka tidak mengefek dan malah membuang sampah dimana mana.

Sedikit demi sedikit, masyarakat harus belajar untuk membiasakan tidak membuang sampah sembarangan dimanapun mereka berada.
[post_ads_2]
Masyarakat tidak hanya asal menyalahkan Pemerintah karena sampah menumpuk, lingkungan tidak bersih dan banjir yang seringkali terjadi. Namun, masyarakat juga perlu memikirkan bagaimana cara mengubah diri mereka sadara akan perbuatan mereka, dan memulai semangat menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan lagi. Semua butuh gotong royong, bukan hanya Pemerintah saja yang megativikasi tetapi kita sebagai masyarakat harus bisa mengimbangi agar bisa menciptakan lingkungan yang bersih, asri, dan sehat. Pemerintah membantu menyediakan alat alat kebersihan seperti tong sampah organik maupun nonorganik sapu dan lain lain.            

Sementara, masyarakat membantu Pemerintah dalam  menjaga lingkungan sekitar dari sampah dengan melakukan daur ulang sampah menjadi kreativitas. Sekarang banyak ibu ibu rumah tangga yang mendaur ulang sampah menjadi barang seperti tas dan kerajinan lainnya.  Kegiatan tersebut bisa mengurangi sampah yang menumpuk

Tanpa kita sadari bahwasanya Sampah merupakan masalah kecil yang tidak pernah terselesaikan sampai saaat ini. Beberapa di Negara maju telah bertindak tegas untuk membuat peraturan bagi orang-orang yang suka membuang sampah sembarangan. Namun, banyak orang yang melanggar peraturan tersebut.yang tanpa mereka sadari dapat berakibat fatal dan menyeluruh akibat dari sampah kecil tersebut. membuang sampah di sungai menjadi tradisi di Negara Indonesia saat ini.hal tersebut juga dapat mengakibatkan banjir. Akibat banjir, banyak warga penduduk yang mengungsi ke tempat-tempat lain karena rumahnya terkena banjir dan penyebab pencemaran air warga bisa terkena penyakit kulit.

Salah satu penyebab rusaknya lingkungan pada saat ini adalah  suatu kebiasaan yang kecil tapi berdampak besar bagi suatu lingkungan adalah suatu budaya membuang sampah. Sampah yang tidak bisa diolah yaitu sampah plastik. Karena dalam hal ini sampah plastik tidak bisa diuraikan oleh organisme dan melekat pada tanah. Dalam hal ini plastik mengandung banyak kandungan bahan kimia, banyak darinya yang tidak berwarna, berasa dan berbau, namun potensial menimbulkan bahaya kesehatan. Sebagian besar dampak yang diakibatkannya memang berdampak jangka panjang, seperti kanker, kerusakan saraf, gangguan reproduksi dan lain-lain. Sifat racun sintetis yang tidak berbau dan berwarna, dan dampak kesehatannya yang berjangka panjang, membuatnya lepas dari perhatian kita. Kita lebih risau dengan gangguan yang langsung bisa dirasakan oleh panca indera kita. Hal ini terlebih dalam kasus sampah, di mana gangguan bau yang menusuk dan pemandangan (keindahan/kebersihan) sangat menarik perhatian panca indera kita. Begitu dominannya gangguan bau dan pemandangan dari sampah inilah yang telah mengalihkan kita dari bahaya racun dari sampah, yang lebih mengancam kelangsungan hidup kita dan anak cucu kita.

[post_ads]
Dalam,berita[2] http://wartakota.tribunnews.com/2017/04/07/ini-hukuman-bagi-warga-yang-buang-sampah-sembarangan-sudah-59-orang-ditangkap[3].


DISCLAIMER:
Konten dari tulisan ini adalah milik mahasiswa yang bersangkutan. Segala sesuatu berkaitan dengan isi tulisan sepenuhnya menjadi otoritas mahasiswa. Penayangan pada website ini juga telah melalui persetujuan dari pihak yang bersangkutan.

KOMENTAR

Name

AGAMA,2,Biografi,1,BLOG,16,Dosen,26,Download,15,Foto,14,HUKUM,4,HUMANIORA,9,Instagram,7,Jadwal Kuliah,2,Mahasiswa,49,Makalah,6,MANGKUNEGARA,6,Materi Kuliah,13,POLITIK,3,Puisi,1,Reguler A,26,Reguler B,24,Rubrik Mahasiswa,49,Sastra,1,Sejarah,2,Tugas Kuliah,53,
ltr
item
Website Resmi | Dr. RM. Armaya Mangkunegara, S.H., M.H.: Kebiasaan Membuang Sampah Sembarangan
Kebiasaan Membuang Sampah Sembarangan
Kebiasaan Membuang Sampah Sembarangan
https://4.bp.blogspot.com/-fPEFT_geQzA/W_AdAm9FAEI/AAAAAAAAASg/E0bSS5RiFU0fnIWOclrandCvei-0HRpAQCLcBGAs/s320/ILUSTRASI%2BTUGAS.png
https://4.bp.blogspot.com/-fPEFT_geQzA/W_AdAm9FAEI/AAAAAAAAASg/E0bSS5RiFU0fnIWOclrandCvei-0HRpAQCLcBGAs/s72-c/ILUSTRASI%2BTUGAS.png
Website Resmi | Dr. RM. Armaya Mangkunegara, S.H., M.H.
https://www.mangkunegara.com/2018/12/kebiasaan-membuang-sampah-sembarangan.html
https://www.mangkunegara.com/
https://www.mangkunegara.com/
https://www.mangkunegara.com/2018/12/kebiasaan-membuang-sampah-sembarangan.html
true
8785525627328632150
UTF-8
Tampilkan Semua Post Tidak Menemukan Post TAMPILKAN Baca Selengkapnya Balas Batalkan Balasan Hapus Oleh Home HALAMAN POSTS Tampilkan Semua BACA JUGA: TAG ARSIP CARI SEMUA POST Artikel yang Anda cari tidak ditemukan Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy Semua Seleksi Semua Semua Code Telah Tercopy Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy