Kesadaran Masyarakat Tentang Pentingnya Tertib Berlalu Lintas

Kesadaran Masyarakat Tentang Pentingnya Tertib Berlalu Lintas

Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban
MANGKUNEGARA.COM - Tulisan ini merupakan tugas mata kuliah Pengantar Ilmu Hukum (PIH). Dibuat mandiri oleh mahasiswa dan ditayangkan pada portal mangkunegara.com.
  • [message]
    • ##check##Ditulis Oleh :  Fitri Nurhidayah
      • Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban Kelas Reguler A
Indonesia adalah negara yang sangat besar dan kaya raya tetapi Indonesia masih kalah dengan negara-negara luar. Karena orang Indonesia kebanyakan masih tidak peduli dengan negaranya contohnya , sering melanggar peraturan peraturan lalu lintas. Kapan Indonesia akan maju jika tidak tertib dengan peraturan yang ada?

Saya disini akan membahas salah satu permasalahan yang selalu dihadapi dimana-mana yaitu masalah lalu lintas. Banyak sekali pelanggaran yang kita temui saat berada dijalan raya. Banyak sekali orang-orang yang melanggar peraturan lalu lintas, saya sampai heran kenapa orang-orang tidak mematuhi peraturan yang ada, padahal peraturan itu untuk keselamatan mereka sendiri.

Sekarang ini lebih banyak pengendara sepeda motor. Karena sepeda motor lebih cepat daripada naik mobil. Begitu banyak sekali, kita bisa lihat ketika berada di traffic light, bergerombolan di depan. Mereka semua belum tentu memiliki kelengkapan surat-surat kenderaannya.
[post_ads]
Banyak sekali pengendara motor yang berkendara tanpa menggunakan helm. Padahal helm itu sangat penting untuk melindungi kepala kita dari benturan, contohnya ketika terjadi kecelakaan di jalan raya, jika kita tidak menggunakan helm maka itu artinya sama juga dengan kita membiarkan kepala kita terluka karena benturan dengan jalan raya. Saya sampai bingung, kenapa orang-orang tidak mau menggunakan helm. Apakah takut rambutnya rusak, gerah, atau yang dituju hanya dekat saja jadi tidak menggunakan helm? Tapi kan walaupun begitu kita seharusnya menggunakannya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Mereka tidak peduli dengan kepalanya sendiri. Kepala itu adalah bagian tubuh yang sangat berharga. Saya pernah melihat kecelakaan korban terlindas dibagian kepala sampai terluka parah, dia aja memakai helm. Menggunakan helm aja bisa begitu, apalagi yang tidak mungkin akan jauh lebih parah lagi.


[next]
Tidak hanya helm saja, surat-surat kelengkapan juga harus dilengkapi. Surat-surat yang harus kita memiliki adalah STNK dan SIM. Banyak sekali, pengendara motor yang tidak memiliki SIM, dan mereka kebanyakan anak sekolah. Sudah ada peraturan kita tidak boleh mengendarai motor jika belum 17 tahun. Bahaya sekali jika sampai terjadi apa-apa dengan mereka yang kena pasti orang tua juga. Pasti ada waktunya untuk mengendarai kendaraan. Lagian ada transportasi umum kan dimana-mana. Kenapa tidak menggunakan transportasi umum saja? Lebih nyaman juga.

Mereka sering protes tentang kemacetan di jalan dan ketika sudah ada solusinya mereka tetep protes misalkan tentang Sistem Satu Arah, contohnya Sistem Satu Arah yang diterapkan di jalan Basuki Rahmad. Pemkot berusaha mengurai kemacetan dengan sistem tersebut tapi tetap masih ada komplin. Padahal ada kelanjutan programnya untuk selanjutnya terus dievaluasi.

Melanggar rambu rambu lalu lintas juga membuat saya bingung. Sudah dijelaskan bahwa lampu merah menandakan berhenti, kuning pelan-pelan, dan juga hijau jalan. Rambu lalu lintas merupakan simbol aturan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap yang wajib untuk diikuti dan dipatuhi oleh setiap pengguna jalan. Akan tetapi pada saat ini perbuatan melanggar rambu – rambu lalu lintas yang dilakukan oleh setiap pengguna jalan dapat kita saksikan setiap hari dan terjadi hampir di setiap ruas jalan, bahkan di depan petugas polisi pun pelanggaran terhadap rambu lalu lintas sering terjadi tanpa dilakukan tindakan hukum apa – apa. Banyak sekali yang suka menerobos lampu merah padahal itu sangat bahaya untuk diri kita sendiri maupun untuk pengendara yang lain. Saya juga pernah melihat ada pengedara motor yang menerobos lampu merah dan terjadi kecelakaan, kecelakaan tersebut itu tidak hanya merugikan dirinya sendiri tetapi juga merugikan pengendara lain yang menjadi korban.
[post_ads_2]
Pelanggaran terhadap rambu rambu lalu lintas terus terjadi dan begitu memprihatinkan, kecenderungan terhadap pelanggaran peraturan lalu lintas terus bertambah. Pengadaan rambu – rambu lalu lintas terus di tingkatkan, namun tidak ada jaminan rambu itu akan ditaati oleh pengguna jalan. Kondisi ini memperlihatkan adanya konsekuensi negatif ketika pengguna jalan berusaha untuk mematuhi rambu lalu lintas, sementara pengguna jalan lain tidak ditindak atau diberikan sangsi ketika mereka melanggar rambu – rambu lalu lintas.

Banyaknya masyarakat yang tidak sadar terhadap pelanggaran rambu lalu lintas mengakibatkan hukum tidak memiliki wibawa sama sekali karena dianggap bahwa aturan itu hanya sebatas simbol dan imbauan saja yang memang tidak ada dampaknya. Jika hal ini terus terjadi maka akan terlihat akibatnya, selain kondisi lalu lintas yang tidak tertib, kecelakaan juga akan semakin bertambah. Apabila konsekuensi perilaku masyarakat di jalan telah tertib dan konsisten, maka lambat laun perilaku di jalan raya akan semakin kondusif, tertib dan aman. Pengguna jalan yang taat aturan akan merasakan dampak positif dari lingkungan yaitu adanya suasana tertib dan aman pada saat mengemudikan kendaraannya di jalan raya dan melihat bahwa pengendara kendaraan yang lainpun patuh dan taat terhadap aturan aturan dan rambu rambu lalu lintas, sehingga akan tercipta suasana yang tertib dan teratur.

Faktor yang membuat masyarakat tidak tertib dalam berlalu lintas yaitu kesadaran hukum masyarakat masih sangat rendah. Para pengendara di jalan raya hanya mementingkan kepentingan pribadi, tanpa peduli dengan orang lain. Seperti pengendara sepeda motor sering melakukan pelanggaran seperti menyalip diantara mobil-mobil tanpa memikirkan akibat yang akan ditimbulkan.

Bagaimana dengan program sepeda motor diwajibkan menggunakan jalur kiri. Aturan ini sering dilanggar, tapi pihak yang berwenang terus berusaha untuk menjalankan program itu. Kasadaran untuk mentaati peraturan di jalan raya sangat penting baik bagi pengendara itu sendiri maupun orang lain. Tidak jarang akibat ulah seorang pengendara bisa mencelakakan pengendara lain.Tata tertib berlalu lintas seharusnya diperkenalkan sejak dini. Hal ini merupakan salah satu proses menumbuhkan sikap keperdulian dalam menciptakan ketertiban di jalan raya. Cara terbaik yaitu melalui pendekatan dan mengajarkan bagaimana upaya menjaga sikap untuk tidak melanggar rambu lalu lintas dan sikap bagaimana berlalu lintas yang tertib, teratur, dan lancar adalah tanggung jawab seluruh komponen masyarakat Indonesia.
[next]
Oleh karena itu dibutuhkanya upaya pemerintah untuk selalu memantau keadaan lalu lintas di setiap ruas jalan. Untuk upaya mengurangi tingkat kemacetan pengguna jalan harus lebih memilih menggunakan kendaraan umum seperti BUS, ANGKUTAN UMUM dan lain-lain

Berikut beberapa definisi hukum yang dikemukakan para ahli hukum (juris) berdasarkan aliran atau paham yang dianutnya :
  1. Van Apeldoorn, hukum itu banyak seginya dan demikian luasnya sehingga tidak mungkin menyatakanya dalam (satu) rumusan yang memuaskan.
  2. I Kisch, oleh karena hukum itu tidak dapat ditangkap oleh panca indera maka sukarlah untuk membuat definisi tentang hukum yang memuaskan.
  3. Lemaire, hukum yang banyak seginya dan meliputi segala macam hal itu menyebabkan tak mungkin orang membuat suatu definisi apapun hukum itu sebenarnya.
  4. Grotius, hukum adalah aturan-aturan tingkah laku yang dibuat menjadi kewajiban melalui sanksi-sanksi yang djatuhkan terhadap setiap pelanggaran dan kejahatan melalui suatu otoritas pengendalian.
  5. Aristoteles, hukum adalah sesuatu yang berbeda daripada sekadar mengatur dan mengekpresikan bentuk dari kontitusi dan hukum berfungsi untuk mengatur tingkah laku hakim dan putusannya di pengadilan untk menjatuhkan hukuman terhadap pelangggar.

Kesimpulan

Dari artikel di atas kita dapat menyimpulkan bahwa para pengguna jalan raya harus memiliki etika saat berkendara serta harus menaati dan melaksanakan peraturan lalu lintas yang sudah ada agar tidak terjadi hal hal yang tidak di inginkan.

Daftar Bacaan

[post_ads_2]
DISCLAIMER:
Konten dari tulisan ini adalah milik mahasiswa yang bersangkutan. Segala sesuatu berkaitan dengan isi tulisan sepenuhnya menjadi otoritas mahasiswa. Penayangan pada website ini juga telah melalui persetujuan dari pihak yang bersangkutan.

KOMENTAR

Name

AGAMA,2,Biografi,1,BLOG,16,Dosen,26,Download,15,Foto,14,HUKUM,4,HUMANIORA,9,Instagram,7,Jadwal Kuliah,2,Mahasiswa,49,Makalah,6,MANGKUNEGARA,6,Materi Kuliah,13,POLITIK,3,Puisi,1,Reguler A,26,Reguler B,24,Rubrik Mahasiswa,49,Sastra,1,Sejarah,2,Tugas Kuliah,53,
ltr
item
Website Resmi | Dr. RM. Armaya Mangkunegara, S.H., M.H.: Kesadaran Masyarakat Tentang Pentingnya Tertib Berlalu Lintas
Kesadaran Masyarakat Tentang Pentingnya Tertib Berlalu Lintas
Kesadaran Masyarakat Tentang Pentingnya Tertib Berlalu Lintas
https://4.bp.blogspot.com/-fPEFT_geQzA/W_AdAm9FAEI/AAAAAAAAASg/E0bSS5RiFU0fnIWOclrandCvei-0HRpAQCLcBGAs/s320/ILUSTRASI%2BTUGAS.png
https://4.bp.blogspot.com/-fPEFT_geQzA/W_AdAm9FAEI/AAAAAAAAASg/E0bSS5RiFU0fnIWOclrandCvei-0HRpAQCLcBGAs/s72-c/ILUSTRASI%2BTUGAS.png
Website Resmi | Dr. RM. Armaya Mangkunegara, S.H., M.H.
https://www.mangkunegara.com/2018/12/kesadaran-masyarakat-tentang-pentingnya.html
https://www.mangkunegara.com/
https://www.mangkunegara.com/
https://www.mangkunegara.com/2018/12/kesadaran-masyarakat-tentang-pentingnya.html
true
8785525627328632150
UTF-8
Tampilkan Semua Post Tidak Menemukan Post TAMPILKAN Baca Selengkapnya Balas Batalkan Balasan Hapus Oleh Home HALAMAN POSTS Tampilkan Semua BACA JUGA: TAG ARSIP CARI SEMUA POST Artikel yang Anda cari tidak ditemukan Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy Semua Seleksi Semua Semua Code Telah Tercopy Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy