Maraknya Prostitusi Bebas di Indonesia

Maraknya Prostitusi Bebas di Indonesia

Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban
MANGKUNEGARA.COM - Tulisan ini merupakan tugas mata kuliah Pengantar Ilmu Hukum (PIH). Dibuat mandiri oleh mahasiswa dan ditayangkan pada portal mangkunegara.com.
  • [message]
    • ##check## Ditulis Oleh :  Firdhatussa’adah
      • Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban Kelas Reguler A
Berhubung disini saya ingin membahas tentang hukum dalam menciptakan ketertiban di masyarakat maka pertama saya jelaskan apa itu hukum. Berikut pengertian dan definisi hukum menurut para ahli tersebut adalah : 
  1. Immanuel Kant
  2. Hukum adalah segala keseluruhan syarat dimana seseorang memiliki kehendak bebas dari orang yang satu dapat menyesuaikan diri dan kehendak bebas dari orang lain menuruti peraturan hukum tentang kemerdekaan.
  3. Achmad Ali
  4. Hukum merupakan seperangkat norma mengenai apa yang benar dan salah, yang dibuat dan dikui eksistensinya oleh pemerintah, baik yang tertuang dalam aturan tertulis maupun yang tidak, terikat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat secara menyeluruh, dan dengan ancaman sanksi bagi pelanggar hukum.
  5. E. Utrecht, S.H.
  6. Hukum merupakan adalah suatu himpunan peraturan yang didalamnya berisi tentang perintah dan larangan, yang mengatur tata tertib kehidupan dalam bermasyarakat dan harus ditaati oleh setiap individu dalam masyarakat karena pelanggaran terhadap pedoman hidup itu bisa menimbulkan tindakan dari pihak pemerintah suatu negara dan lembaga.
Dan berikut adalah beberapa pendapat para ahli tentang hukum dan berikut ini juga sekilas mengenai perkembangan hukum yang ada di Indonesia. Sedikit catatan sejarah yang mengungkapkan tentang prostitusi Indonesia pada masa sebelum penjajahan bangsa Eropa.Diperkirakan sejak lama telah berlangsung pembelian budak seks dan hubungan seksual yang dilandasi hubungan yang semu lazim terjadi. Pada masa tersebarnya agama islam setelah penyebaran islam di Indonesia, prostitusi diperkirakan telah meningkat karena ketidaksetujuan Islam pernikahan kontrak.

Dalam sejarahnya raja raja di Jawa yang meiliki sejumlah tempat diistananya untuk ditempati sejumlah besar selir, Sementara itu raja raja dibali bisa melacurkan para janda yang tidak lagi diterima dikeluarganya.Selama periode awal kolonial Belanda,pria Eropa yang hendak memperoleh kepuasan seksual mulai memperkerjakan pekerja dibidang tersebut atau selir yang berasal dari wanita lokal.Para perempuan lokal dengan senang hati melakoni aksi prostitusi ini demi termotivasi oleh masalah finansial (mencukupi materinya),bahkan tak jarang ada keluarga,yang mengajukan anak perempuannya mereka untuk menjadi pekerja dalam bidang itu.aturan tentang larangan pernikahan antar ras oleh penguasa kolonial membuat praktik prostitusi adalah hal yang paling bisa diterima oleh para pemimpin Belanda.Pada awal tahun 1800 an praktik prostitusi mulai meluas,ketika itu jumlah selir(istri yang kedudukannya lebih rendah dari istri terhormat atau istri pertama) dipelihara oleh tentara Kerajaan Hindia Belanda dan pejabat pemerintahan menurun.Sementara perpindahan laki laki pribumi merninggalkan istri dan keluarga mereka untuk mencari pekerjaan didaerah lain juga memberikan kontribusi besar bagi maraknya praktik prostitusi pada masa itu.pada tahun1852 pemerintah kolonial mulai membutuhkan pemeriksaan kesehatan secara teratur pekerja dalam bidang itu untuk memriksa berbagai macam dan alat kelamin lainnya. Para pekerja dibidang tersebut juga diharuskan membawa kartu identitas perkerjaan mereka,meskipun kebijakan ini tidak berhasil menekan angka pertumbuhan prostitusi yang meningkat secara dramatis selama periode pembangunan yang berlangsung secara luas hingga akhir 1800. 

Prostitusi bukan hanya ada di masa penjajahan bangsa Eropa tapi terdapat juga pada masa sekarang. Bahkan prostitusi di Indonesia dianggap sebagai kejahatan “terhadap kesusilaan/moral” dan melawan praktik prostitusi yang paling tampak, seringkali diwujudkan dengan adanyabeberapa kompleks pelacuran di Indonesia yang juga dikenal dengan nama “lokalisasi” atau juga bisa disebut dangan melokalisir suatu kegiatan atau mengumpulkan suatu aktivitas di suatu tempat yang di dalamnya sering terjadi pelanggaran terhadap norma-norma sosial yang dianut masyarakat dan yang selama ini diajarkan oleh keluarga (Siregar ; 1985), serta dapat ditemukan di seluruh negeri “bordil” (dari bahasa Belanda) yang dapat diartikan adalah tempat yang digunakan untuk pelacuran atau prostitusi. Bordil ini dikelola dibawah peraturan pemerintah daerah (perda). 
[post_ads]
UNICEF juga memperkirakan bahwa 30 persen pekerja dibidang tersebut terutama perempuan di Indonesia adalah wanita yang berusia dibawah 18 tahun. Jadi kita bisa simpulkan bahwa sekarang prostitusi juga bukan hanya berada di kalangan perempuan dewasa. Tetapi juga berada di kalangan anak-anak yang masih dibawah umur. Dan bukan hanya itu, sekarang di manapun prostitusi dikalangan anak-anak yang masih dibawah umurlah yang menjadi masalah terbesar. Khususnya yang berada di pulau-pulau resortseperti di Bali dan Batam. Dan yang menjadi alasan utama untuk seorang pekerja di bidang tersebut untuk memasuki bisnis adalah daya tarik untuk mendapatkan uanglebih cepat.


Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa terjadi prostitusi di Indonesia antara lain adalah tekanan ekonomi adalah factor umum yang di ketahui oleh masyarakat. Dan jalan inilah yang biasa menjadi pilihan seseorang untuk mempertahankan kelangsungan hidup mereka. Namun ada juga yang menjalani demi peningkatan status social. Dan yang kedua adalah jalan instan dengan cara ini prostitusi berasal dari cara individu menghadapi tantangan hidup. Jalan ini banyak yang diambil seseorang dalam menghindari diri dari kesulitan hidup dengan proses yang pendek. Prostitusi menjadi cara instan untuk memperoleh keuntungan dan kesenangan. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman dan pendidikan. Yang ketiga adalah hidup mewah. Banyak orang yang tergiur akan gaya hidup mewah dan ada juga mereka yang terobsesi dengan pakaian, perhiasan, dan gadget yang mahal. Sayangya, hal tersebut tidak sejalan dengan kegigihan dalam bekerja dan dengan ini prostitusi dianggap sebagai jalan pintas untuk meraih gaya hidup impian. Selanjutnya yang ke 4 adalah rendah diri. Perasaan rendah dirilah yang memicu seseorang ingin melebihi orang orang yang ada di sekitarnya seperti saudara atau teman. Hal tersebut sering terjadi pada masa puber, karena anak tersebut tidak mudah mendapatkan uang dari orang tua atau tidak mengerti pekerjaan sampingan yang lebih baik. Yang kelima adalah penipuan, banyak yang terbelenggu tekanan ekonomi rentan tertipu oleh mafia prostitusi dengan janji pekerjaan terhormat dan gaji tinggi. Ini sama saja seperti majikan yang mengancam pembantunya untuk melayani nafsu seksual. Jika menolak, ia akan diberhentikan dari pekerjaanya. Dan yang terakhir adalah narkoba, narkobasering memicu terjadinya prostitusi, karna untuk memenuhi candu akan narkoba. Seseorang menempuh jalan prostitusi agar bias membeli atau dibayar dengan obat terlarang itu.berikut adalah solusi untuk mengurangi banyaknya prostitusi di indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Penegakan hukum/sanksi tegas kepada semua pelaku prostitusi.
  2. Penyediaan lapangan kerja. Haal ini dijelaskan karena faktor kemiskinan yang seringkali menjadi alasan utama PSK terjun ke lembah prostitusi tidak perlu terjadi bila negara memberikan jaminan kebutuhan hidup setiap anggota masyarakat.
  3. Pendidikan yang sejalan maksutnya, pendidikan juga wajib buat menanamkan nilai dasar tentang benar dan salah serta standar-standar hidup yang boleh diambil atau tidak.
Prostitusi di Indonesia diatur di dalam KUHP dalam dua pasal yaitu:
Pasal 296, menyatakan “barang siapa dengan sengaja menyebabkan atau memudahkan perbuatan cabul oleh orang lain, dan menjadikannya sebagai pencaharian atau kebiasaan, diancam dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan atau denda paling banyak Rp 15.000.” Pasal 506, menyatakan “barang siapa sebagai mucikari (souteneur) mengambil untung dari PSK perempuan, dihukum kurungan selama-lamanya tigabulan”


Kesimpulan


Dalam kehidupan manusia, ekonomi adalah salah satu hal penting dalam keberlangsungan hidup, sehingga banyak orang melakukan apa pun termasuk melakukan pekerjaan tersebut. Padahal kegiatan prostitusi adalah sebuah kegiatan dimana masyarakat memandang hal tersebut melanggar nilai-nilai moral (perbuatan tercela), di sisi lain kegiatan tersebut dapat di tolerir demi nilai ekonomi, karena hampir sebagian besar kegiatan ini bersumber dari kemiskinan, rendahnya pendidikan iman, takwa dan moral bisa dijadikan alas an semakin maraknya kegiatan prostitusi.
[post_ads_2]

Daftar Bacaan


https://http716.wordpress.com/2016/10/29/20-pengertian-hukum-menurut-para-ahli/
http://www.sipayo.com/2017/07/inilah-beberapa-penyebab-terjadinya-pelacuran-di-indonesia.html
https://m.hukumonline.com/klinik/detail/lt52f04db5110f4/ancaman-sanksi-bagi-yang-mendirikan-tempat-prostitusi



DISCLAIMER:

Konten dari tulisan ini adalah milik mahasiswa yang bersangkutan. Segala sesuatu berkaitan dengan isi tulisan sepenuhnya menjadi otoritas mahasiswa. Penayangan pada website ini juga telah melalui persetujuan dari pihak yang bersangkutan.

KOMENTAR

Name

AGAMA,2,Biografi,1,BLOG,16,Dosen,26,Download,15,Foto,14,HUKUM,4,HUMANIORA,9,Instagram,7,Jadwal Kuliah,2,Mahasiswa,49,Makalah,6,MANGKUNEGARA,6,Materi Kuliah,13,POLITIK,3,Puisi,1,Reguler A,26,Reguler B,24,Rubrik Mahasiswa,49,Sastra,1,Sejarah,2,Tugas Kuliah,53,
ltr
item
Website Resmi | Dr. RM. Armaya Mangkunegara, S.H., M.H.: Maraknya Prostitusi Bebas di Indonesia
Maraknya Prostitusi Bebas di Indonesia
Maraknya Prostitusi Bebas di Indonesia
https://4.bp.blogspot.com/-fPEFT_geQzA/W_AdAm9FAEI/AAAAAAAAASg/E0bSS5RiFU0fnIWOclrandCvei-0HRpAQCLcBGAs/s320/ILUSTRASI%2BTUGAS.png
https://4.bp.blogspot.com/-fPEFT_geQzA/W_AdAm9FAEI/AAAAAAAAASg/E0bSS5RiFU0fnIWOclrandCvei-0HRpAQCLcBGAs/s72-c/ILUSTRASI%2BTUGAS.png
Website Resmi | Dr. RM. Armaya Mangkunegara, S.H., M.H.
https://www.mangkunegara.com/2018/12/maraknya-prostitusi-bebas-di-indonesia.html
https://www.mangkunegara.com/
https://www.mangkunegara.com/
https://www.mangkunegara.com/2018/12/maraknya-prostitusi-bebas-di-indonesia.html
true
8785525627328632150
UTF-8
Tampilkan Semua Post Tidak Menemukan Post TAMPILKAN Baca Selengkapnya Balas Batalkan Balasan Hapus Oleh Home HALAMAN POSTS Tampilkan Semua BACA JUGA: TAG ARSIP CARI SEMUA POST Artikel yang Anda cari tidak ditemukan Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy Semua Seleksi Semua Semua Code Telah Tercopy Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy