Pelecehan Seksual Terhadap Anak Di Bawah Umur

Pelecehan Seksual Terhadap Anak Di Bawah Umur

Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban
MANGKUNEGARA.COM - Tulisan ini merupakan tugas mata kuliah Pengantar Ilmu Hukum (PIH). Dibuat mandiri oleh mahasiswa dan ditayangkan pada portal mangkunegara.com.
  • [message]
    • ##check##Ditulis Oleh :  Anizcha Mauliyani
      • Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban Kelas Reguler B
Pelecehan seksual merupakan suatu bentuk tindakan atau percakapan seksual dimana seorang dewasa mencari kepuasan seksuali dari seorang anak, dimana perbuatan ini merupakan kendala bagi kepribadian baik secara fisik maupun psikis. Seksualitas merupakan gabungan dari perasaan dan perilaku sesesorang yang tidak hanya didasarkan pada ciri seks secara biologis, tetapi juga merukapan suatu aspek kehidupan manusia yang tidak dapat dipisahkan dari aspek kehidupan yang lain. 

Pelecehan seksual adalah perilaku pendekatan-pendekatan yang terkait dengan seks yang tidak diinginkan, termasuk permintaan untuk melakukan seks, dan perilaku lainnya yang secara verbal ataupun fisik merujuk pada seks. Pelecehan seksual merupakan bentuk dari deskriminasi seksual. Sedangkan menurut kamus besar Indonesia (1990) pengertian pelecehan seksual adalah pelecehan yang merupakan bentuk pembendaan dari kata kerja melecehkan yang berarti menghinakan, memandang rendah, mengabaikan. Sedangkan seksual memiliki arti hal yang berkenan dengan seks atau jenis kelamin, hal yang berkenaan dengan perkara persetubuhan antara laki-laki dan perempuan.

Kekerasan seksual menurut pandangan Russel dalam buku Yohannes Ferry yakni:

  1. Kekerasan seksual yang sangat serius yaitu hubungan seksual anal, oral dan oral genital seks.
  2. Kekerasan seksual serius, yaitu dengan memperlihatkan adegan berhubungan seksual didepan anak, memperlihatkan situs maupun gambar pornografi kepada anak, atau kegiatan lain akan tetapi belum sampai pada hubungan kelamin seperti kekerasan seksual yang sangat serius.
  3. Kekerasan seksual yang cukup serius, yakni menyentuh bagian seksualitas anak (privasi anak) atau dengan membuka baju si anak secara paksa.
[post_ads]
Dalam pelecehan seksual terdapat unsur-unsur meliputi :

  1. Suatu perbuatan yang berhubungan dengan seksual
  2. Pada umumnya, pelakunya laki-laki dan korbannya perempuan
  3. Wujud perbuatan berupa fisik dan nonfisik
  4. Tidak ada kesukarelaan.

[next] 
Tetapi kadang pada situasi tertentu yang menggunakan wanita sebagai objek untuk menarik keuntungan disuatu lingkungan kerja tidak dapat dikategorikan sebagai pelecehan seksual. Contohnya, pelayan bar wanita harus menggunakan rok pendek ketat dan pelanggan yang memesan minuman bar dengan bahasa seksual. Hal ini tidak dikategorikan sebagai pelecehan seksual karena hal ini tidak melanggar ras, norma dan kebijakan yang diterapkan oleh organisasi atau lingkungan kerja.

Ada dua pendekatan yang dilakukan untuk melakukan penilaian atau pengukuran terhadap tindakan pelecehan seksual. Pertama adalah SEQ (Sexual Experiences Questionaire) yang menilai pelecehan seksual secara psikologi seperti rasa kurang nyaman dalam lingkungan kerja atau dalam organisasi akibat lelucon seksual. Kedua adalah ISH (Inventory of Sexual Harassment) yang menilai pelecehan seksual dalam bentuk tingkah laku. 

Menurut kategorinya, pelecehan seksual dibagi menjadi lima jenis, yaitu:

  1. Pelecehan Gender: Pernyataan dan perilaku seks yang menghina atau merendahkan wanita. Contohnya termasuk komentar yang menghina, gambar atau tulisan yang merendahkan wanita, lelucon cabul atau humor tentang seks atau wanita pada umumnya.
  2. Perilaku menggoda: Perilaku seksualyang menyinggung, tidak pantas, dan tidak diinginkan. Contohnya termasuk mengulangi ajakan yang tidak diinginkan, memaksa untuk makan malam, minum, atau kencan.
  3. Penyuapan seksual: Permintaan aktivitas seksual atau perilaku terkait seks lainya dengan janji imbalan. Rencana mungkin dilakukan secara terang-terangan atau secara halus.
  4. Pemaksaan seksual: Pemaksaan aktivitas seksual atau perilaku terkait seks lainnya dengan ancaman hukuman. Contohnya seperti evaluasi kerja yang negatif, pencabutan promosi kerja, dan ancaman pembunuhan.
  5. Pelanggaran seksual: Pelanggaran seksual berat (seperti menyentuh, merasakan, atau meraih secara paksa) atau penyerangan seksual.
[post_ads_2] 
Tidak ada satupun cara untuk menanggapi pelecehan. Setiap situasi berbeda bentuknya, dan hanya Anda yang dapat mengevaluasi masalah dan memutuskan respon terbaik. Teman, petugas tindakan afirmatif, HRD di kantor, dan kelompok perempuan dapat menawarkan berbagai informasi, saran, dan dukungan, namun hanya Anda yang dapat memutuskannya, apa yang paling tepat untuk Anda. Satu-satunya hal yang benar-benar dapat Anda yakini adalah bahwa mengabaikan situasi tidak akan menyebabkan masalah Anda hilang begitu saja. 

Yang paling penting adalah jangan sesekali menyalahkan diri Anda sendiri atas masalah yang terjadi, karena ini bukan salah Anda. Tempatkan kesalahan pada tempatnya, yaitu di orang yang telah melecehkan Anda. Menyalahkan diri sendiri dapat menyebabkan depresi dan hal itu tidak akan membantu Anda dalam menghadapi situasi. 

Perbuatan cabul dalam KUHP diatur dalam Buku Kedua tentang Kejahatan, Bab XIV tentang Kejahatan Kesusilaan (Pasal 281 sampai Pasal 303). Misalnya, perbuatan cabul yang dilakukan laki-laki atau perempuan yang telah kawin (Pasal 284), Perkosaan (Pasal 285), atau membujuk berbuat cabul orang yang masih belum dewasa (Pasal 293). 
[next] 
Perbuatan “cabul” dalam KUHP diatur pada Pasal 289 sampai dengan Pasal 296. Pasal 290 KUHP misalnya menyatakan: Dihukum penjara selama-lamanya tujuh tahun:

  1. Barangsiapa melakukan perbuatan cabul dengan seseorang, padahal diketahuinya bahwa orang itu pingsan atau tidak berdaya. 
  2. Barangsiapa melakukan perbuatan cabul dengan seseorang padahal diketahuinya atau sepatutnya harus diduganya, bahwa umurnya belum lima belas tahun atau kalau umurnya tidak jelas, yang bersangkutan belum waktunya untuk dikawin. 
  3. Barangsiapa membujuk seseorang yang diketahuinya atau sepatutnya harus diduganya bahwa umurnya belum lima belas tahun atau kalau umurnya tidak jelas yang bersangkutan belum waktunya untuk dikawin, untuk melakukan atau membiarkan dilakukannya perbuatan cabul atau bersetubuh di luar perkawinan dengan orang lain.
Pasal-pasal yang mengatur tentang tindak pidana tersebut terdapat pada KUHP mengenai kejahatan kesusilaan dan pelanggaran kesusilaan. Pencabulan (pasal 289 -296 ; 2) penghubungan pencabulan (pasal 286-288). Masalahnya dalam kenyataan, apa yang dimaksud dengan pelecehan seksual mungkin belum masuk dalam kategori yang dimaksud dalam pasal -pasal tersebut. Dari definisi umum tersebut maka pelecehan seksual diartikan sebagai segala macam bentuk perilaku yang berkonotasi seksual yang dilakukan secara sepihak dan tid ak diharapkan oleh orang yang menjadi sasaran dan penolakan atau penerimaan korban atas perilaku tersebut dijadikan sebagai bahan pertimbangan baik secara implisit maupun ekplisit dalam membuat keputusan menyangkut karir atau pekerjaanya, menganggu ketenangan bekerja, mengitimidasi, dan menciptakan lingkungan kerja yang tidak aman dan tidak nyaman bagi si korban.


Kesimpulan

Pelecehan seksual adalah tindakan melecehkan atau merendahkan orang lain baik secara verbal maupun non verbal untuk memenuhi kebutuhan seksual para pelaku sehingga akibatnya adalah keresahan diri korban. Ada banyak bentuk pelecehan seksual terhadap anak dan bisa kita ketahui semua dari berbagai berita di beberapa media. Mulai dari digerayangi, dicabuli,digauli sampai dengan diperkosa. Namun apapun bentuk modus operandi yang dilakukan, yang pasti semuanya termasuk bentuk kejahatan terhadap anak dan menimbulkan trauma berkepanjangan. Pelakuan seksual yang terjadi bersumber dari tindakan memaksa para pelaku yang sangat pintar dalam memilih korbannya. Pelaku pada umumnya akan memilih yang lebih muda, relatif pasif atau kurang asertif, naive, harga diri rendah, dan hal lain yang membuatnya rentan. Anak anak merupakan salah satu target yang sangat diincar oleh para pelaku karena mereka ada orang-orang polos yang belum tahu banyak tentang tentang dunia seks, namun para pelaku memanfaatkan mereka untuk memenuhi kebutuhan seksnya.
[post_ads_2]

Daftar Bacaan

Yohannes Ferry, Kekerasan Seksual Pada Anak Dan Remaja, PT.Rajawali, Jakarta, 1997. 
Buku II tentang Kejahatan, Bab XIV tentang Kejahatan Kesusilaan (Pasal 281-303). KUH Pidana.



DISCLAIMER:
Konten dari tulisan ini adalah milik mahasiswa yang bersangkutan. Segala sesuatu berkaitan dengan isi tulisan sepenuhnya menjadi otoritas mahasiswa. Penayangan pada website ini juga telah melalui persetujuan dari pihak yang bersangkutan.








KOMENTAR

Name

AGAMA,2,Biografi,1,BLOG,16,Dosen,26,Download,15,Foto,14,HUKUM,4,HUMANIORA,9,Instagram,7,Jadwal Kuliah,2,Mahasiswa,49,Makalah,6,MANGKUNEGARA,6,Materi Kuliah,13,POLITIK,3,Puisi,1,Reguler A,26,Reguler B,24,Rubrik Mahasiswa,49,Sastra,1,Sejarah,2,Tugas Kuliah,53,
ltr
item
Website Resmi | Dr. RM. Armaya Mangkunegara, S.H., M.H.: Pelecehan Seksual Terhadap Anak Di Bawah Umur
Pelecehan Seksual Terhadap Anak Di Bawah Umur
Pelecehan Seksual Terhadap Anak Di Bawah Umur
https://4.bp.blogspot.com/-fPEFT_geQzA/W_AdAm9FAEI/AAAAAAAAASg/E0bSS5RiFU0fnIWOclrandCvei-0HRpAQCLcBGAs/s320/ILUSTRASI%2BTUGAS.png
https://4.bp.blogspot.com/-fPEFT_geQzA/W_AdAm9FAEI/AAAAAAAAASg/E0bSS5RiFU0fnIWOclrandCvei-0HRpAQCLcBGAs/s72-c/ILUSTRASI%2BTUGAS.png
Website Resmi | Dr. RM. Armaya Mangkunegara, S.H., M.H.
https://www.mangkunegara.com/2018/12/pelecehan-seksual-terhadap-anak-di.html
https://www.mangkunegara.com/
https://www.mangkunegara.com/
https://www.mangkunegara.com/2018/12/pelecehan-seksual-terhadap-anak-di.html
true
8785525627328632150
UTF-8
Tampilkan Semua Post Tidak Menemukan Post TAMPILKAN Baca Selengkapnya Balas Batalkan Balasan Hapus Oleh Home HALAMAN POSTS Tampilkan Semua BACA JUGA: TAG ARSIP CARI SEMUA POST Artikel yang Anda cari tidak ditemukan Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy Semua Seleksi Semua Semua Code Telah Tercopy Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy