Peran Masyarakat Dalam Memberlakukan Hukum

Peran Masyarakat Dalam Memberlakukan Hukum

Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban
MANGKUNEGARA.COM - Tulisan ini merupakan tugas mata kuliah Pengantar Ilmu Hukum (PIH). Dibuat mandiri oleh mahasiswa dan ditayangkan pada portal mangkunegara.com.
  • [message]
    • ##check##Ditulis Oleh :  Adita Wigatiningtyas
      • Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban Kelas Reguler B
Kehidupan bermasyarakat berbangsa, dan bernegara tak luput dari peranan hukum. Ketertiban, keamanan, dan keserasian hidup serta keberlangsung pembangunan dalam upaya mencapai tujuan hidup berbangsa dan bernegara amat ditentukan oleh hukum. Hal ini karna hukum berperan mengatur tingkah laku seluruh warga negara, termasuk mengatur interaksi atau hubungan antarwarga negara serta antara warga negara dan pemerintah.

Indonesia merupakan salah satu negara yang termasuk ke dalam negara hukum. Hukum adalah aturan yang tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari kita dimana tiap-tiap sendi kehidupan kita berada dalam naungan hukum. Hukum selain untuk melindungi kita dari penyalahgunaan kekuasaan, hukum juga digunakan untuk menegakkan keadilan. Kita sebagai Mahasiswa / Mahasiswi Indonesia harus ikut menjunjung tinggi hukum. Jangan cuman ikut-ikutan orang lain, kita harus mempelajari dan sadar akan pentingnya hukum untuk negeri kita maupun diri sendiri.


Hukum adalah sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam bidang politik, ekonomi dan masyarakat dalam berbagai cara dan bertindak, sebagai perantara utama dalam hubungan sosial antar masyarakat terhadap kriminalisasi dalam hukum pidana, hukum pidana yang berlaku negara dapat menuntut pelaku dalam konstitusi hukum menyediakan kerangka kerja bagi penciptaan hukum, perlindungan hak asasi manusia dan memperluas kekuasaan politik serta cara perwakilan mereka yang akan dipilih‎‎. 


Hukum memiliki fungsi – fungsi yang sangat mendasar guna menjalankan sebuah sistem negera. Salah satu mendasar adanya hukum ialah sebagai alat kontrol. Apa bila suatu negara tidak memiliki hukum, tentu saja negara tersebut akan kehilangan alat kontrolnya. Sistem negara tidak akan berjalan dengan baik, hukum – hukum banyak yang dilanggar, Hak Asasi Manusia tidak akan terwujud, hingga pada akhirnya negara tersebut akan jatuh kedalam jurang Disintegrasi Bangsa dan kehidupan bermasyarakat atau bernegara tidak akan terlaksana.

Pengertian tentang hukum, serta masyarakat terkait dengan 2 hal tersebut. Keduanya memiliki hubungan dan saling berinteraksi. Dalam berinteraksi yang erat kaitannya dengan hidup saling bersosialisasi tersebut hukum memiliki peran tersendiri. 


Di tengah tengah kehidupan bermasyarakat, hukum memiliki peran penting untuk mengatur dan membatasi perilaku manusia dalam bermasyarakat agar tercipta suatu keharmonisan dan kerukunan antar sesama dan sebagai dasar acuan dalam bertindak dimasyarakat. Masyarkat selama ini dikekang dan dipengaruhi oleh hukum mau tidak mau harus mematuhi dan melakukan hukum yang berlaku. Disamping itu, tidak dapat disangkal adanya kenyataan bahwa hukum juga merupakan sarana utama bagi manusia melalui masyarakat dimana ia menjadi warga atau anggota.
[post_ads]

[next] 
Faktor – faktor yang memperngaruhi berlakunya hukum dalam masyarakat, sehingga hukum tersebut berlaku efektif atau tidak. Berikut hal – hal yang mempengaruhi berlakunyan hukum dalam masyarakat :

  1. Kaidah hukum
  2. Didalam teori – teori ilmu hukum, dapat dibedakan antara tiga macam hal mengenai berlakunya hukum sebagai kaidah, hal itu diungkapkan sebagai :
    • Kaidah hukum berlaku secara yuridis, apabila penentuannya didasarkan pada kaidah yang lebih tinggi tingkatannya atau terbentuk atas dasar yang telah ditetapkan. 
    • Kaidah hukum berlaku secara sosiologis, artinya dapat dipaksakan berlakunya oleh penguasa walaupun tidak diterima oleh warga masyarakat (teori kekuasaan ), atau kaidah itu berlaku karena adanya pengakuan dari masyarakat. 
    • Kaidah hukum berlaku secara filosofi, sesuai dengan cita hukum sebagai nilai positif yang tertinggi.

  3. Penegak Hukum
  4. Penegak hukum atau orang yang bertugas menerapkan hukum mencakup ruang lingkup yang sangat luas. Sebab, menyangkut petugas pada strata atas, menengah dan bawah, artinya dalam melaksanakan tugas – tugas penerapan hukum, petugas harus memiliki suatu pedoman diantaranya peraturan tertulis tertentu yang menyangkut ruang lingkup tugasnya.
  5. Sarana / fasilitas
  6. Sarana / fasilitas amat sangat penting untuk mengefektifkan suatu aturan tertentu. Terutama sarana fisik yang berfungsi sebagai faktor pendukung, misalnya bagaimana polisi bisa menjalankan tugas dengan baik apa bila tidak adanya kendaraan dan alat komunikasi.
  7. Masyarakat
  8. Masyrakat disini dimaksudkan adalah kesadarannya untuk mematuhi suatu peraturan perundang – undangan, dan hukum yang berlaku. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa kepatuhan masyarakat terhadap hukum merupakan salah satu indikator berfungsinya hukum yang ada atau yang bersangkutan.

Sebagai negara hukum wajib hukumnya bagi semua kalangan masyarakat untuk mengetahui hukum sebagai pedoman berbangsa dan bernegara. Penegak hukum yang baik dan jujur merupakan suatu contoh bagi masyarakat nya, untuk itu masyarakat dan pemeritah sebagai unsur terpenting harus menjalakan peran sebagaimana yang telah ada di UUD 1945.
Masyarakat memiliki peranan penting dalam upaya penegakan hukum dengan tingkat kesadaran hukum yang tinggi, maka penerapan hukum akan lebih bisa dirasakan oleh masyarakat.
[post_ads_2]
Didunia ini manusialah yang berkuasa,mengeksploitasi dan mengeksplorasi dunia ini adalah manusia. Karena kekuasaan itulah menusia merupakan pusat atau titik sentral dari keseluruhan kegiatan didunia ini . dengan demikian manusia merupakan subjek bukan objek. Sebagai subjek manusia mempunyai kepentingan didunia ini, mempunyai tuntutan yang diharapkan untuk dipenuhi atau dilaksankan, mempunyai kebutuhan hidup. Sejak manusia dilahirkan sampai meninggal. Tapi gangguan atau bahaya terhadap kepentingan manusia itu datangan juga datanganya dari manusia sendiri. Oleh karena itu kepentingan manusia selalu diganggu oleh bahaya disekelilingnya, maka manusia menginginkan adanya perlindungan terhadap kepentingan – kepentingannya, jangan sampai diganggu oleh bahaya tersebut.

Menurut pandangan Achmad Ali jika suatu aturan hukum dapat ditaati oleh sebagian besar target yang menjadi sasaran ketataannya, maka dapat diartikan hukum itu efektif. Namun demikian meskipun sebuah aturan yang ditaati dapat dikatakan efektif, derajat kefektifannya masih bergantung pada kepentingan mentaatinya. Jika ketaatan masyarakat pada hukum karena kepentingan yang bersifat compliance (takut sanksi), maka derajat ketaatannya dinilai sangat rendah.
[next]
Menurut pandangan lawrence meir friedman berhasil atau tidaknya penegakan hukum bergantung pada subtansi hukum, struktur / pranata hukum dan budaya hukum. Pertama subtansi hukum dalam teori lawrence meir friedman hal ini disebut sebagai sistem substansial yang menentukan bisa atau tidaknya hukum itu dilaksanakan. Substansi juga berarti produk yang dihasilkan oleh orang yang berada dalam sistem hukum yang mencakup keputusan yang mereka keluarkan, aturan baru yang mereka susun.

Kesimpulan

Dari artikel diatas yang sudah saya tuliskan kita dapat menarik kesimpulan, hukum yang adil akan diterima dengan, baik oleh masyarakat, dan masyarakat juga harus menerima semua aturan hukum yang ada.

Dengan masyarakat memberlakukan hukum dengan optimal semua kan berjalan dengan lancar, dan menuju masyarakat yang sejahtera.itulah pentingnya hukum dalam masyarakat ibaratnya hukum itu sebagai pondasi dari sebuah negara jadi antara hukum dan masyarakat tidak dapat di pisahkan. 

Daftar bacaan

braintly
buku lks pkn kelas X XI XII 



[post_ads]

DISCLAIMER:
Konten dari tulisan ini adalah milik mahasiswa yang bersangkutan. Segala sesuatu berkaitan dengan isi tulisan sepenuhnya menjadi otoritas mahasiswa. Penayangan pada website ini juga telah melalui persetujuan dari pihak yang bersangkutan.

KOMENTAR

Name

AGAMA,2,Biografi,1,BLOG,16,Dosen,26,Download,15,Foto,14,HUKUM,4,HUMANIORA,9,Instagram,7,Jadwal Kuliah,2,Mahasiswa,49,Makalah,6,MANGKUNEGARA,6,Materi Kuliah,13,POLITIK,3,Puisi,1,Reguler A,26,Reguler B,24,Rubrik Mahasiswa,49,Sastra,1,Sejarah,2,Tugas Kuliah,53,
ltr
item
Website Resmi | Dr. RM. Armaya Mangkunegara, S.H., M.H.: Peran Masyarakat Dalam Memberlakukan Hukum
Peran Masyarakat Dalam Memberlakukan Hukum
Peran Masyarakat Dalam Memberlakukan Hukum
https://4.bp.blogspot.com/-fPEFT_geQzA/W_AdAm9FAEI/AAAAAAAAASg/E0bSS5RiFU0fnIWOclrandCvei-0HRpAQCLcBGAs/s320/ILUSTRASI%2BTUGAS.png
https://4.bp.blogspot.com/-fPEFT_geQzA/W_AdAm9FAEI/AAAAAAAAASg/E0bSS5RiFU0fnIWOclrandCvei-0HRpAQCLcBGAs/s72-c/ILUSTRASI%2BTUGAS.png
Website Resmi | Dr. RM. Armaya Mangkunegara, S.H., M.H.
https://www.mangkunegara.com/2018/12/peran-masyarakat-dalam-memberlakukan.html
https://www.mangkunegara.com/
https://www.mangkunegara.com/
https://www.mangkunegara.com/2018/12/peran-masyarakat-dalam-memberlakukan.html
true
8785525627328632150
UTF-8
Tampilkan Semua Post Tidak Menemukan Post TAMPILKAN Baca Selengkapnya Balas Batalkan Balasan Hapus Oleh Home HALAMAN POSTS Tampilkan Semua BACA JUGA: TAG ARSIP CARI SEMUA POST Artikel yang Anda cari tidak ditemukan Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy Semua Seleksi Semua Semua Code Telah Tercopy Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy